blank
Bupati Batang Wihaji mewisuda 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Lapangan Bola Desa Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Minggu (2/9). (Suarabaru.id/dok)

BATANG- Bupati Batang  Wihaji mewisuda 200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Lapangan  Bola Desa Kedungmalang Kecamatan Wonotunggal Minggu (2/9).

“Ini  bagian dari semangat PKH untuk memotong generasi dengan mewisuda 200 KPM dari 33. 400 PKH yang ada di Kabupaten Batang,” Kata Bupati Wihaji usai mengikuti gelegar wisuda PKH.

Selain itu, mereka sudah memiliki kelompok – kelompok usaha bersama usaha pribadi yang bisa menambah penghasilan  keluarganya, sehingga 200 PKM tersebut secara ikhlas tidak menerima lagi bantuan PKH.

“Ini merupakan keberhasilan pendamping KPM untuk PKH, sehingga mereka mampu dan bisa keluar dari kemiskinan dan bisa hidup lebih sejahtera lagi,” Kata Wihaji.

Ia juga berharap untuk tahun 2019 targetnya bisa lebih banyak lagi yang di wisuda, karena ini tantangan juga bagi kami selaku  Pemerintah bagaimana daerah untuk fokus  memberdayakan masyarakat yang kurang mampu untuk bisa merubah nasibnya.

Menurut Wihaji, Pemkab Batang mempunyai tugas untuk melatih wirausaha sesuai dengan kemampuan, memfasilitasi memberikan pinjaman modal dengan bank dan memberikan pendampingan pemasaran agar produknya laku di pasaran.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang Djoko Tetuko mengatakan bahwa kegiatan wisuda  PKM PKH merupakan yang pertama kali di Kabupaten Batang yang baru berhasil mewisuda 200 PKM.

” Wisuda ini tidak bisa drastis jumlahnya, Karena harus ada kesadaran mereka sendiri dan Pemkab hanya berupaya terus meningkatkan semangat hidup untuk berwirausaha yang secara bertahap agat bisa lebih sejahtera lagi dan tidak lagi menerima bamtuan PKH,” kata Djoko Tetuko.

Disampaikan juga bahwa Pendamping PKH Kabupaten Batang memiliki prestasi cukup bagus, karena menjadi pendamping terbaik di tingkat Jawa Tengah, dan dari time work pendamping kita dua di Jawa Tengah.

Dalam kegiatan gelegar PKH tersebut di hadiri oleh ribuan orang PKM se Kabupaten Batang, di kesempatan itu juga Bupati Wihaji memberikan doorprise berupa Sapi yang diperoleh warda desa Cokro atas naman Tasniah, tampak pula hadir Muspika Kecamatan Wonotunggal.

Tak hanya itu Bupati Wihaji bersama istri ikut menghibur ribuan PKM  PKH dengan bersebut menyanyikan lagu dangdut ‘’Gala-Gala’’ dan ‘’Birunya Cinta’’ lagu koleksi Rhoma Irama, menyempatkan juga berjoged bersama di tengah teriknya sinar matahari yang disambut riuh penonton yang hadir. (Suarabaru.id/sb)