blank
Hari Nur (kanan/dok)

SEMARANG – Selama sebelas hari menjadi pelatih anyar PSIS Semarang, Jafri Sastra mendapati kendala dalam upaya menyiapkan tim jelang laga kontra PSMS Medan pada lanjutan Liga 1, 12 September mendatang. Juru taktik kelahiran Payakumbuh itu belum bisa mengaplikasikan taktik dan mengutak-atik komposisi pemain karena dua masalah yang ada di timnya. Faktor penyebab itu adalah cederanya tiga bek sayap Laskar Mahesa Jenar dan pemain yang belum komplet hingga Minggu (2/9).

“Bagaimana mau bicara soal skema. Saat ini di tim saya ada banyak pemain cedera dan pemain yang belum komplet. Saya ingin hal itu segera teratasi dan baru saya kerjakan di lapangan. Kalau kondisi seperti ini saya belum bisa bicara apa-apa,” kata Jafri, kemarin. Tiga pemain PSIS yang saat ini cedera adalah Safrudin Tahar, Akbar Riansyah dan Frendi Saputra. Ketiganya memiliki masalah yang berbeda-beda. Tahar mengalami masalah di engkel kiri, Akbar cedera lutut dan memar di paha Frendi.

Berbeda dari Akbar dan Tahar yang mengalami cedera saat uji coba melawan PSS Sleman, Frendi harus menepi dalam pemusatan latihan (TC) di Bandungan pekan lalu. Skuad PSIS saat ini juga belum komplet. Striker asal Brasil, Bruno Silva, mangkir latihan sejak 23 Agustus. Pemain berkepala pelontos ini bahkan tidak ikut dalam uji coba di Sleman dan TC di Bandungan hingga akhir pekan lalu.

“Selain soal peningkatan fisik pemain, belum ada perkembangan apa-apa dengan kondisi seperti ini. Baru pada sesi latihan di Kota Magelang Senin (3/9) ini saya coba menerapkan taktik kepada pemain. Itupun sementara saya melanjutkan apa yang sudah diterima pemain dari pelatih lama. Ya, mengulang kerjaan orang saja,” ungkap Jafri. Mantan pelatih Persipura Jayapura ini memang fokus pada peningkatan kondisi fisik karena dia melihat Haudi Abdillah dkk kewalahan saat takluk dari PSS dengan skor 0-2 pada 26 September lalu. Dia menilai kurangnya kondisi fisik tidak akan bisa membuat pemain bermain secara baik.

“Kondisi fisik para pemain memang menjadi perhatian saya sejak awal. Sebab, pemain sebagus apapun jika kondisi fisiknya tidak baik, belum pasti akan bermain bagus,” imbuh Jafri. Dirinya memiliki waktu sepekan sebelum bertolak ke Medan. Jafri juga berencana melakukan satu hingga dua kali uji coba lagi. (rr)