blank
Panggung alun-alun Giri Krida Bakti Kabuaten Wonogiri, ditata menarik lengkap dipasangi umbul-umbul merah putih. Ini dilakukan dalam persiapan lomba tabuh bedug gema takbir Idul Adha 1439 H.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Untuk memeriahkan penyambutan hari raya Idul Adha 1439 H, di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri, Selasa malam (21/8), digelar lomba melantunkan gema takbir yang disertai menabuh bedug.

Lomba ini, sekaligus untuk meramaikan malam takbiran yang dilakukan semalam suntuk oleh umat Islam dalam menyongsong Hari Raya Idul Korban di Kabupaten Wonogiri.

Menurut Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Wonogiri, Mubarok, dan Panitia Lomba Gema Takbir, Rohiman, telah mendaftar sebanyak 24 group sebagai pesertanya. ”Terdiri atas 10 group pelajar dan 14 group peserta dari masyarakat umum,” jelas Rohiman.

Masing-masing group terdiri atas 20 personil, termasuk di dalamnya anggota yang melantunkan takbir untuk mengagungkan nama Allah, berikut 6 orang penabuh bedug dan pendukung lain yang memainkan instrumen tambahan sebagai kelengkapannya.

Selaku panitia, Rohiman, menyebutkan, dalam lomba ini disediakan 6 buah bedug yang dijejer di atas panggung alun-alaun, dengan formasi sisi kanan 3 dan sisi kiri 3 bedug. Masing-masing group, diberi kesempatan tampil selama 10 menit.

Lomba yang menyediakan hadiah uang pembinaan total Rp 14 juta ini, akan memilih juara I, II dan III untuk kategori pelajar dan peserta umum nonpelajar. Aspek penilaiannya mencakup makhorojul huruf, kefasihan dalam melantunkan takbir, garap aransemen, kreativitas, kualitas nada irama instrumen iringan, kekompakan, dan penampilan.

Selasa pagi (21/8), sebagian umat Islam di Kabupaten Wonogiri telah ada yang melaksanakan salat Idul Adha 1439 H. Itu sebagaimana dilakukan di Masjid Besar Al Hidayah depan Stadion Pringgondani, Wonokarto, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri. Menampilkan Imam Salat Ustadz Hifdhul Kamal dan Katib Abdullah Rabbani.

Ketua Pengurus Daerah (PD) Muhamdiyan Kabupaten Wonogiri, Kusman Toha, menyatakan, menggelar salat Idul Adha 1439 H pada Hari Rabu (22/8) di depan Makodim 0728 Wonogiri. Menampilan Imam M Rezal dan Katib Sudirman MQ.

Kepala Humas Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonogiri, Mursyidi Muhamad, menyebutkan, sesuai yang diagendakan oleh Pengurus Hari Besar Hari Islam (PHBI) Wonogiri, salat Idul Adha 1439 H digelar serentak pada Hari Rabu (22/8).

Salat Idul Adha 1439 H dilaksanakan Rabu pagi (22/8) pukul 06.00, digelar di halaman Masjid At Taqwa depan Kantor Bupati Wonogiri, menampilkan Imam Ketua MUI Kabupaten Wonogiri KH Abdul Aziz Mahfuf (Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikmah) dan Katib Ustadz Yazid Alba.

Kemudian di Lapangan Bantarangin, menampilkan Imam Ustadz Abdi Sabodo dan Katib Rasyisi Masyhur. Di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri, Imam dan Katib akan dipercayakan kepada Harum Mirzah. Untuk lokasi Lapangan Sukorejo depan Polres Wonogiri yang lama, akan menampilkan Imam M Dahlan Alwi dan Katib Moh Mukti.(suarabaru.id/bp)