blank
Ketua DPP MAJT Prof Dr KH Noor Ahmad MA

SEMARANG– Salat Idul Adha 1439 Hijriyah di Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan terasa istimewa. Selain akan dikunjungi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang berencana melaksanakan salat Id di masjid termegah di Jawa Tengah ini, sekaligus khotibnya juga Dr KH Syamsi Ali, yang dikenal sebagai imam besar masjid di New York, Amerika Serikat.

“Terkait kehadiran Presiden dan Dr Syamsi Ali, maka kami terus berbenah untuk mematangkan semua persiapan yang diperlukan. Mengingat, protokoler penyambutan dan diprediksi MAJT akan diluberi puluhan ribu jamaah dari berbagai daerah,” tegas Ketua DPP MAJT Prof Dr KH Noor Ahmad MA kepada pers, Selasa (31/7/2018).

Prof Noor Ahmad yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR menambahkan, rencana Presiden Jokowi tidak sebatas salat Id, namun juga akan menyerahkan hewan kurban berupa sapi ukuran besar kepada panitia kurban di MAJT. Tentu, penyerahan langsung oleh Presiden sebagai kebanggaan bagi seluruh pengelola MAJT.

Terkait momentum istimewa tersebut, Ketua DPP MAJT berharap masyarakat muslim Jawa Tengah termasuk kalangan pejabat instansi pemerintah, BUMN dan swasta diharapkan ikut berpartisipasi dan berkontribusi untuk berkurban ke MAJT sekaligus mengikuti salat Id bersama-sama dengan Presiden Jokowi. Dalam hal ini panitia telah menyiapkan secara teknis untuk mengantisipasi meledaknya hewan kurban dan jamaah salat Id di MAJT.

“Dari sisi teknis penerimaan hewan kurban, pemeliharaan, pemotongan hingga pendistribusiannya sudah kita persiapkan dengan baik. Termasuk memngantisipasi berjubelnya jamaah,” tegas Prof Noor Ahmad didampingi Sekretaris DPP MAJT Drs KH Muhyiddin MAg.

Tentang khotib salat Id Dr KH Syamsi Ali, Kiai Noor Ahmad menjelaskan, yang bersangkutan telah konfirmasi bersedia. Hal tersebut terkait pada 20 Agustus 2018, dia hadir pada konser amal di MAJT yang dananya untuk membantu pembangunan pondok pesantren Indonesia, di New York.

“Syamsi Ali adalah penggagas pembangunan ponpes ala Indonesia yang pertama di Amerika Serikat dan MAJT termasuk pendukung gagasan tersebut, sehingga untuk Jateng, konser amal digelar di MAJT dengan mendatangkan grup salawat Sabyan dan vokalis top Melly Goeslaw,” jelasnya.

Menurutnya, melihat konteksnya, isi ceramah Dr Syamsi Ali banyak berkisar pada pengalamannya dalam upaya memopulerkan muslim di Indonesia kepada masyarakat Amerika, sebagai Islam yang ramah, toleran, moderat sebagai pengejawantahan Islam rahmatan lil alamin atau Islam wasathiyyah. (suarabaru.id/sl)