blank
Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dwi Erna Rustanti (kiri), tampil menyampaikan materi Kamseltibcarlantas ketika memberikan pembekalan kepada para siswa baru SMK Pancasila 1 Wonogiri.(suarabaru.id/bp)

WONOGIRI – Menandai dimulainya awal tahun ajaran baru 2018/2019, semua sekolah di Kabupaten Wonogiri serentak menyelenggarakan acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Di sejumlah sekolah, ada yang menjalin kemitraan dengan menggandeng personel TNI dan Polri, untuk didatangkan guna memberikan materi MPLS kepada para siswa baru.
Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Dwi Erna Rustanti, Rabu (18/7), datang ke SMK Pancasila 1 Wonogiri, untuk memberikan materi tentang Keamanan Keselamatan Ketertiban Berlalulintas (Kamtibcarlantas) kepada para siswa baru yang menjadi peserta MPLS. ”Kami dari sekolah, minta kepada Polres Wonogiri, agar para siswa baru kami, dapat diberikan pembekalan pemahaman tentang berlalulintas,” jelas Kasek SMK Pancasila 1 Wonogiri, Joko Prihanto, didampingi Wakasek Sanyoto.
Di SMK Pancasila 5 Wonogiri, sekolah yang dipimpin Kasek Sutarno, juga mengandeng kemitraan dengan Polres Wonogiri. Kapolres AKBP Robertho Pardede melalui Kasatlantas AKP Dwi Erna Rustanti, mengirimkan Tim Satlantas Polres Wonogiri menjadi pemateri dalam pelaksanaan MPLS hari pertama. Tim dari Polres Wonogiri ini, dipimpim Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri, Ipda Pudy, yang tampil memperkenalkan teknik ‘safety riding’  melalui program ‘Police Goes To School’. Dalam penyampaiannya kepada para siswa baru peserta MPLS, sekaligus disosialisasikan tentang tertib berlalu lintas. Juga disampaikan materi UU Nomomor: 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas, pengenalan dan penjelasan tentang makna rambu-rambu lalu lintas, marka jalan, tata cara berkendara yang aman, tentang fungsi kelengkapan berkendaraan, seperti penggunaan helm bagi pengemudi sepeda motor, yang semua itu dilakukan dalam upaya mewujudkan Kamseltibcarlantas.
Sementara itu, di SMP Negeri 1 Baturetno, Wonogiri, kegiatan MPLS menggandeng personel TNI-AD dari Koramil setempat. Diawali dengan menggelar upacara di halaman sekolah, yang diikuti siswa baru Kelas 7 sebanyak 240 anak terdiri atas 110 siswa dan 130 siswi. Dua personel tentara dari Koramil-05 Baturetno, yakni Serka Agus Turyanto dan Serda Wahyudi, tampil menjadi instruktur dan pemateri dalam MPLS di SMP 1 Baturetno. Kedua personel militer ini, tampil menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara, serta materi dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) termasuk pemberian bimbingan praktik teknik gerakan dan aba-abanya. Materi ini diberikan kepada siswa, dalam upaya membangun sikap disiplin, berkarakter, dan perilaku yang bertanggungjawab.
Kepala Dikbud Kabupaten Wonogiri, Siswanto, melarang sekolah melakukan perpeloncoan kepada para siswa baru. MPLS harus bermuatan materi edukatif dan menjauhkan hal-hal atau tindakan dan praktik yang tidak mendidik. Ini demi mewujudkan MPLS yang berkualitas, dalam melaksanakan kegiatan awal tahun ajaran baru, untuk mengenalkan siswa baru terhadap lingkungan sekolahnya yang baru. Tema MPLS, membangun karakter siswa sesuai dengan Pancasila, untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan sikap kekeluargaan.
MPLS di SMA 1 Purwantoro diikuti oleh 254 siswa baru Kelas X yang merupakan hasil seleksi rekrutmen PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) Tahun 2018/2019. Kasek SMA 1 Purwantoro, Susilo Joko Raharjo, berkenan mengalungkan kartu tanda peserta kepada perwakilan siswa Kelas X, untuk menandai dimulainya MPLS. Siswa baru, diharapkan dapat mengikuti agenda MPLS, agar dapat mengenali dan menyesuaikan dengan lingkungan sekolah beserta program yang dikembangkan di SMA 1 Purwantoro, yakni program Gerbang Kaditama sebagai pengembangan Kelas Adiwiyata dan hemat energi.(suarabaru.id/bp)