blank
Wali Kota Sigit Widyonindito menyerahkan hadiah kepada enam karyawan obyek wisata Taman Kyai Langgeng yang masuk kantor paling pagi, (suarabaru.id/dh)

 

MAGELANG- Sebanyak enam orang pegawai Perusahaan Daerah  Obyek Wisata ( PDOW) Taman Kyai Langgeng, Kota Magelang, yang masuk kerja paling pagi pada hari pertama kerja seusai libur panjang Lebaran mendapat hadiah dari Wali Kota Sigit Widyonindito.

Hadiah diberikan Sigit pada apel pagi karyawan /karyawati Badan Usaha Milik Daerah ( BUMD) Pemkot Magelang  Kamis (21/6). Hadiah yang diberikan terdiri atas lemari es, televisi LED 32 inchi,  kompor gas,  magig com (penanak nasi), dispenser dan  setrika.

Dari enam karyawan PDOW Taman Kyai Langgeng yang  menerima hadiah, lima orang di antaranya bekerja di bagian kebersihan taman dan kolam renang.  Yakni Margiyono   yang datang pada pukul 05.10 WIB, Budi Prayitno (05.33), Dodik  Sutrasno (05.45), Hery Setiyanto (5.49) dan Mulyono (05.51). Sedang satu pegawai lainnya yakni Budi Siswanto yang datang pukul 05.41 WIB merupakan karyawan bagian umum.

Saat wali kota hendak menyerahkan hadiah ‘kejutan’ tersebut, lima orang yang semuanya bekerja di bagian kebersihan masih melakukan aktivitas membersihkan sampah di area  obyek wisata andalan Kota Magelang yang lokasinya di pinggir Sungai Progo tersebut.

Karena itu, Sigit harus menunggu beberapa saat sampai karyawan bagian kebersihan yang mendapatkan hadiah itu tiba di lokasi apel pagi,

Wali kota mengatakan,  hadiah yang diberikan kepada para karyawan yang datang paling awal setelah cuti lebaran,  merupakan salah satu bentuk perhatian dan penghargaan bagi PNS/karyawan di lingkungan Pemkot Magelang yang  datang paling pagi.

‘’Jangan dilihat bentuknya dan harganya, tetapi ini sebagai salah satu penghargaan bagi karyawan yang  tepat waktu  untuk masuk kerja,’’ ujarnya.
Mantan Kepala DPU Kota Magelang menambahkan, untuk memberikan hadiah kejutan tersebut dirinya melakukannya secara spontan atas loyalitas para  karyawan  terhadap  instansinya.

‘’Hadiah tersebut saya beli dengan dana pribadi saya. Tidak menggunakan dana APBD. Ini merupakan spontanitas  dari pimpinan,’’ terangnya.

Dia menerangkan, pemberian hadiah kepada para PNS yang datang lebih awal setelah libur Lebaran  dilakukan sejak dirinya  memimpin Kota Magelang tujuh  tahun lalu. Namun baru tahun ini melakukan inspeksi mendadak di Kantor TKL meski letaknya  di sebelah Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Sigit berharap kepada seluruh karyawan /karyawati di lingkungan PDOW Taman Kyai Langgeng untuk meningkatkan kinerjanya , karena saat ini persaingan di dunia wisata cukup tinggi.

‘’Pesaing Taman Kyai Langgeng  saat ini cukup banyak, termasuk di sekitar Magelang . Untuk itu saya minta agar seluruh karyawan Taman Kyai Langgeng dapat meningkatkan kinerjanya, sehingga pendapatan asli daerah (PAD) bisa meningkat dan  juga meningkatkan kesejahteraan karyawan,’’ harapnya.

Selain itu, Sigit juga meminta para karyawan Taman Kyai Langgeng melayani para tamu-tamunya dengan ramah dan senyum.

Margiyono , karyawan bagian kebersihan Taman Kyai Langgeng mengaku kaget dan senang atas hadiah yang diberikan  berupa lemari es dua pintu.

‘’Tidak disangka, saya mendapatkan hadiah dari Pak Wali  berupa lemari es. Selain itu, saya cukup senang , karena di rumah belum mempunyai lemari es,’’ tuturnya.

Dia menambahkan, selama musim liburan Lebaran dirinya selalu datang lebih awal dari jam kerja yang ditentukan, yakni kurang dari pukul 07.00 WIB. Karena,  selama musim liburan lebaran ini, volume sampah yang ada di sekitar Taman Kyai Langgeng bertambah, seiring dengan banyaknya pengunjung yang ingin berlibur di obyek wisata yang dibangun pada tahun 1986.

‘’Selama liburan lebaran  saya datang lebih awal yakni sekitar pukul 05.00 WIB. Kalau hari biasa yang tidak ramai pengunjung, saya datang sekitar pukul 07.00,’’ ungkapnya. (suarabaru.id/dh).