blank
‘’Training of Trainer Preseptor Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA)’’ di MG Setos Hotel Semarang, selama 2 hari pada Sabtu-Minggu (19-20/5)

SEMARANG – Prodi Farmasi FK Unissula Semarang, menyelenggarakan kegiatan ‘’Training of Trainer Preseptor Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA)’’ di MG Setos Hotel Semarang, selama 2 hari pada Sabtu-Minggu (19-20/5) lalu.

Acara ini dihadiri kurang lebih 60 peserta, terdiri atas apoteker pembimbing lapangan dari berbagai Puskesmas, RS, distributor, industri farmasi, apotek, BPOM, Dinkes Provinsi, Dinkes Kota Semarang, serta dosen Prodi Farmasi FK Unissula Semarang.

Kaprodi Farmasi Rina Wijayanti, MSc, Apt mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan apoteker-apoteker pembimbing lapangan yang akan menjadi fasilitator atau tempat melaksanakan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA).

“Selain itu juga sebagai langkah awal untuk saling menyamakan persepsi para apoteker pembimbing lapangan terkait kurikulum dan capaian pembelajaran profesi apoteker FK Unissula,” ungkapnya.

Kegiatan ini mendatangkan Franciscus Cahyo Kristianto, S.Si, SFarm-Klin, Apt selaku preseptor dan Ketua Bidang Pendidikan dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI).

Pada presentasinya ia memaparkan beberapa materi, di antaranya peran preceptor dalam menyiapkan apoteker professional, membangun keterampilan klinis apoteker, sumber-sumber informasi obat, Drug Therapy Problem (DTP), SOAP note, hingga menyelesaikan kasus pasien dengan SOAP note.

Selain itu Guru besar Fakultas Farmasi UGM Prof Dr Suwaldi Martodihardjo, MSc, Apt juga tampil sebagai keynote speaker.

Dalam workshop juga diadakan sesi diskusi kelompok dan presentasi yang membahas tentang standar kompetensi apoteker Indonesia 2016. Menyusun program dan agenda kegiatan PKP.

Turut hadir Dekan FK Unissula Dr dr Setyo Trisnadi, Sp KF, SH memberikan sambutan serta membuka acara secara resmi.(Suarabaru.id)