blank
Tukar menukar cinderamata antara Wakil Wali Kota Windarti Agustina dengan Kabag Organisasi dan Tata Laksana Pemkab Bintan, Dahlia Zulfa, disaksikan Sekda Kota Magelang Sugiharto, SMNet.Com/dh

 

MAGELANG- Berbeda dengan saat mengunjungi Pemkot Batam di mana yang dipromosikan adalah usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),  di Pemkab Bintan yang ditonjolkan adalah promosi wisata di Kota Magelang.

Namun UMKM juga tetap disinggung oleh Wakil Wali Kota Windarti Agustina yang memimpin rombongan program kemitraan Bagian Humas dengan wartawan yang bertugas di Kota Magelang.

‘’Kami mengundang pemkab dan  masyarakat Bintan untuk mengunjungi  Gunung Tidar yang lokasinya di Kota Magelang. Kami akan menerima kedatangannya dengan senang hati,’’ tutur Windarti pada pertemuan dengan jajaran Pemkab Bintan yang dipimpin Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Dahlia Zulfa di Bintan, Selasa (8/5).

Dia menjelaskan, Kota Magelang dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan memiliki objek wisata andalan berupa Gunung Tidar. Gunung  Tidar yang secara legenda sebagai ‘Pakunya Tanah Jawa’ mengandung makna menjadi penjaga stabilitas Nusantara itu  letaknya di tengah-tengah kota yang luas wilayahnya 18,53 kilometer persegi.

Di bawah Gunung Tidar terdapat kompleks Akademi Militer, atau sering disebut West Point nya Indonesia. Gunung tersebut juga menjadi tempat tujuan wisata ziarah masyarakat dari berbagai kota di Indonesia, terutama daerah-daerah di Pulau Jawa.

‘’Para jenderal pasti sudah naik Gunung Tidar, semua ‘di-training’ di Gunung Tidar, kader-kader terbaik untuk memimpin Indonesia pernah ke Gunung Tidar,’’ ujarnya.

Selain itu, lanjut mantan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Magelang,  kota ini juga memiliki tempat wisata berupa Taman Kyai Langgeng di tepi Kali Progo yang berbatasan dengan Kabupaten Magelang.

Windarti menegaskan, pembangunan sektor pariwisata sebagai bagian dari bidang jasa serius ditangani oleh Pemkot Magelang guna menarik lebih banyak wisatawan. Dua bidang lainnya yang menjadi fokus pembangunan pemkot setempat adalah pendidikan dan kesehatan.

Pada pertemuan itu Windarti juga menyerahkan buah tangan berupa sejumlah produk usaha mikro, kecil dan menengah dari Kota Magelang. Antara lain kain dan syal batik dengan motif khas Magelang, aneka keripik berbahan baku macam-macam sayuran, kerupuk tahu, sirup jahe, manisan salak pondoh dan permen jeli salak.

Kabag Organisasi dan Tata Laksana Sekda Pemkab Bintan Dahlia Zulfa menyambut positif tawaran Pemkot Magelang untuk berkunjung ke Kota Sejuta Bunga tersebut.

Pemkab Bintan, ujarnya didampingi Sekretaris Dinas Pariwisata Hasan, juga mengembangkan berbagai potensi wisata, terutama karena daerahnya berbatasan dengan sejumlah negara, antara lain Malaysia dan Singapura.

‘’Pembangunan pariwisata dan budaya untuk menggerakkan ekonomi Bintan, baik yang dilaksanakan oleh pemkab dan kerja sama dengan ‘vendor’ di Kabupaten Bintan dan luar daerah,’’ tuturnya.

Pemkab Bintan juga membangun sarana dan prasarana guna mendukung pengembangan pariwisata dan menggelar berbagai agenda kepariwisataan.

‘’Kami bersama masyarakat berusaha sungguh-sungguh menjaga kepariwisataan  agar wisatawan nyaman dan senang berkunjung,  jangan sampai kecewa. Kalau mereka senang tentu akan datang lagi ke Bintan,’’ terangnya. (SMNet.Com/dh)