blank
Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito, menerima penghargaan Anugerah Pangripta Abipraya yang diserahkan Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sujatmoko, SMNet.Com/dk

 

MAGELANG- Bertepatan dengan Hari Jadi Ke 1.112,  Kota Magelang  berhasil meraih penghargaan Anugerah Pangripta Abipraya tingkat Provinsi Jawa Tengah,  sebagai perencana pembangunan daerah dengan predikat sangat baik. Raihan ini menjadi kado spesial pada peringatan hari jadi tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Magelang, Joko Soeparno mengatakan, penghargaan ini diterima langsung Wali Kota, Sigit Widyonindito, pada  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Jawa Tengah, di Semarang, Kamis (12/4).

‘’Kota Magelang berhasil meraih predikat sangat baik. Penghargaan diterima langsung oleh Pak Wali,’’ kata Joko. Atas prestasi itu Kota Magelang menerima pin perak dan berhak mendapat insentif bantuan keuangan sebesar Rp 500 juta dari Pemprov Jateng.

Joko menerangkan, sebelum menerima penghargaan, Kota Magelang lebih dulu menjalani beberapa tahapan penilaian. Mulai dari tahap 1 penilaian dokumen, tahap 2 verifikasi dan proses verifikasi pada 16 Maret 2018.

‘’Esensinya yang dinilai tidak hanya dokumen perencanaan saja tapi juga hasil dari perencanaan. Hal itu tercermin dari bobot nilai yang tinggi untuk aspek pencapaian,’’ tuturnya.

Beberapa hal yang dilihat pada pencapaian adalah perbandingan antara target dan realisasi terhadap pertumbuhan ekonomi, produk domestik regional bruto (PDRB) perkapita, indeks pembangunan manusia (IPM), prosentase penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka, jumlah penganggur dan aspek ketertiban.

 

 

blank
Wa;li Kota Sigit Widyonindito foto bersama penghargaan yang diterima Pemkot Magelang, SMNet.Com/dok

Joko mengemukakan, dari aspek perencanaan, yang dinilai adalah proses dan pendekatan. Dari proses perencanaan dilihat aspek keterkaitan, konsistensi, kelengkapan dan kedalaman, keterukuran.

Sedangkan aspek pendekatan dilihat dari penerapan analisis secara teknokratis, penerapan partisipasi dari beberapa pihak dalam menyusun rencana, aspek politis, aspek pelaksanaan bottom up-top down, serta inovasi yang terdiri dari inovasi proses dan kebijakan.

Wali Kota Sigit Widyonindito berharap, penghargaan yang diraih mampu ditindaklanjuti dengan peningkatan hasil perencanaan dan keterlibatan semua pihak. ‘’Karena hasil yang diukur dari beberapa indikator mencerminkan hasil pembangunan yang harus kita raih,’’ terang Sigit.

Dia juga mengaku bangga, karena penghargaan ini diterima bersamaan dengan momen peringatan Hari Jadi Kota Magelang.

‘’Ini menjadi kado spesial untuk warga Kota Magelang. Tentu bukan karena penghargaannya saja, tapi semata-mata semangat pemerintah untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan memajukan kesejahteraan masyarakat,’’ ungkapnya.

Ke depan, lanjut Sigit, pihaknya terus berkomitmen untuk membuat kebijakan yang pro rakyat. ‘’Apa yang dibutuhkan oleh rakyat akan menjadi pertimbangan penting dalam setiap proses perencanaan pembangunan daerah,’’ tegasnya. (SMNet.Com/dh)