blank
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Bambang Budi Raharjo dan Ketua PWI Jateng, Amir Machmud, menandatangani naskah MoU.(Foto: dok)

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menjadi perguruan tinggi pertama yang menyelenggarakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW), bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah,

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Bambang Budi Raharjo mengatakan, UKW penting diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalitas wartawan.

Peningkatan profesionalitas wartawan akan berdampak pada peningkatkan kualitas informasi di media.

“Masyarakat informasi seperti saat ini memerlukan informasi yang berkualitas. Dalam usaha itulah, profesionalitas wartawan sangat diperlukan,” katanya.

UKW diikuti 14 wartawan dari berbagai media. Mereka mengikuti uji kompetensi selama dua hari, Jumat-Sabtu (23-24/2/2018). Sebelum UKW, Unnes dan PWI juga menandatanganai nota kesepahaman untuk menjalin kerja sama di berbagai bidang.

Ketua PWI Provinsi Jawa Tengah, Amir Machmud NS mengatakan, peningkatan profesionalitas wartawan terus dilakukan bersama berbagai mitra kerja.

“Unnes adalah perguruan tinggi pertama yang bermitra dengan PWI menyelenggarakan UKW. Bukan hanya pertama di Jawa Tengah, tapi tampaknya di Indonesia,” katanya.

Menurut Amir, wartawan profesional merupakan kebutuhan bersama. Sebagai organisasi profesi wartawan tertua, PWI berkomitmen meningkatkan profesionalitas anggotanya.

Melalui UKW, lanjut Amir, para jurnalis diuji bukan hanya keterampilan teknisnya, tetapi juga pemahaman dan penghayatannya terhadap etika profesi. Di acara penutupan, Sihono HT yang mewakili PWI Pusat menyatakan 14 peserta UKW tersebut semua dinyatakan lulus atau berkompeten.(SMNet.com)