blank
LAWAN MITRA: Gelandang PSIS Hafit Ibrahim (kanan) berebut bola dengan gelandang Mitra Kukar Anindito Wahyu dalam laga kedua Piala Gubernur Kalimantan Timur 2018. (dok)

SAMARINDA – Lini tengah menjadi sektor vital bagi PSIS Semarang untuk meraih tiket ke semifinal Piala Gubernur Kalimantan Timur saat menghadapi juara bertahan Pusamania Borneo FC (PBFC) di Stadion Segiri Samarinda, Selasa (27/2) pukul 15.30 WIB. Pelatih PSIS Subangkit meyakini tim yang mampu menguasai lini tengah akan mengontrol laga dan memenangi pertandingan.

Namun, untuk bisa menguasai sektor tersebut M Yunus dan kawan-kawan akan menghadapi pemain-pemain berpengalaman seperti Sutan Samma, Dirga Lasut, Serdan Lopicic, serta Julian Faubert. Laskar Mahesa Jenar dituntut untuk meraih kemenangan sebagai syarat lolos ke babak berikut. Meski nantinya juga harus melihat hasil laga Mitra Kukar melawan Arema FC pada hari yang sama, Subangkit meminta para pemainnya bermain all out.

”Kalau mau lolos, harus bisa memenangi lini tengah. Sebab, PBFC saya lihat punya materi pemain yang bagus di sektor tersebut. Pemain harus pintar dan kreatif dalam membangun serangan,” ungkap Subangkit. Formasi 4-2-3-1 akan menjadi pilihan pelatih asal Pasuruan itu untuk meredam strategi yang sama dari skuad asuhan Iwan Setiawan. Di lini tengah, semua pemain yang dimiliki PSIS siap tampil terutama gelandang asal Kirgistan yang pernah membela Dynamo Kyiv, Akhlidin Israilov.

Direktur Teknik PSIS Setyo Agung Nugroho berharap para pemain bisa memaksimalkan peluang yang ada. Laga melawan PBFC bakal menjadi ujian terberat Laskar Mahesa Jenar sebelum menjalani kompetisi Liga 1, 10 Maret mendatang. ”Siapa pun yang diturunkan pelatih, saya berharap bisa bermain maksimal,” tutur Setyo Agung. Saat ini PSIS mengantongi dua poin dan berada di peringkat ketiga di bawah Mitra Kukar (empat poin). Sementara PBFC berada di puncak klasemen dengan torehan lima poin. Juru kunci Grup A dihuni Arema FC yang baru mengemas satu angka.

Pelatih Borneo FC Iwan Setiawan tak mau ambil risiko. Mantan pelatih Persebaya Surabaya ini tetap memasang target menang. Namun, dia akan melakukan beberapa perubahan komposisi dengan memasukkan pemain yang belum pernah tampil. ”Saya berharap PSIS memakai formasi yang sama dan bermain terbuka,” ungkap Iwan. Tim kebanggaan Pusamania ini juga punya kartu kruf pada diri Rifal Lastori. Mantan pemain PSIS pada musim lalu ini akan diturunkan Iwan. (smn/rr)