blank
Guru MTs Negeri Kota Magelang mengikuti kursus mahir dasar (KMD) pramuka, SMNet/dok

MAGELANG- MTs Negeri Kota Magelang bekerjasama dengan Kwarcab Pramuka setempat menyelenggarakan kursus mahir dasar (KMD). Kegiatan yang berlangsung beberapa hari lalu di Kompleks MTs Negeri tersebut, diikuti 60 orang tenaga pendidik.

Ketika membuka KMD, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Magelang Sumartono menyatakan mengapresiasi kegiatan tersebut.

‘’Diklat pengembangan potensi diri inilah yang akan menjadi fondasi kuat bagi MTs Negeri Kota Magelang untuk terus bergerak dan berkiprah mengembangkan pendidikan karakter dan budi pekerti melalui pendidikan kepramukaan,’’ katanya.

Dia menerangkan, ada tiga hal yang perlu diingat dan dipahami dalam kegiatan KMD. Yaitu pendidikan adalah kewajiban, sehingga dalam menjalani kursus harus  sungguh-sungguh. Kemudian menanamkan kepercayaan antara pembina dan peserta didik serta bangga telah melewati pendidikan dan dapat memberikan hasil.

‘’Jika suatu kegiatan pendidikan tertanam kewajiban menumbuhkan kepercayaan dan melahirkan kebanggaan, maka pada akhirnya akan timbul kebahagiaan. Inilah esensi pendidikan yang sesungguhnya,’’ ungkapnya.

Kepala MTs Negeri Kota Magelang M Fathul Mubin mengatakan, pendidikan pramuka untuk penguatan karakter anak didik, disamping pendidikan agama.

Selain itu, membangun silaturahmi dan kebersamaan dengan riang gembira antara guru dan peserta didik di luar jam pelajaran. (SMNet/dh)