blank
Lokasi longsor di Brebes

BREBES – Berdasarkan laporan Bupati Brebes yang berada di lokasi longsor, hingga Kamis (22/2/2018) pukul 14.30, terdapat 5 korban meninggal dunia, 15 orang hilang yang diduga tertimbun longsor dan 14 orang selamat dalam kondisi luka-luka. Korban meninggal adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan.

Adapun korban yang belum ditemukan antara lain:

  1. NyRasminah, RT 3/3.
  2. Turkian, RT 3/3.
  3. Haryanto, RT 2/2.
  4. Juhari, RT 1/1.
  5. Ny Cumyati, RT 4/1.
  6. H. Rismanto, RT 2/1.
  7. Wastoni, RT 3/1.
  8. Daswa, RT 2/2.
  9. Sujono, RT 2/1.
  10. Ny Tarsinah
  11. Kuswanto.

Sementara evakuasi korban longsor yang menimpa petani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Tim SAR gabungan dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat terlibat langsung dalam evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban.

Tim SAR kesulitan mencari korban karena tanah masih bergerak, material longsor gembur, tebal dan cukup luas. Alat berat belum dapat digunakan untuk mencari korban. Cuaca mendung berpotensi hujan juga dapat menyulitkan pencarian korban. Prinsip safety first dijadikan pedoman tim SAR gabungan dalam pencarian korban.

BPBD Kabupaten Brebes sedang mengajukan penetapan status tanggap darurat bencana longsor kepada Bupati Brebes. Rencana masa tanggap darurat selama 14 hari, terhitung 22/2/2018 hingga 7/3/2018. Status tanggap darurat diperlukan untuk kemudahan akses penanganan darurat longsor.

Pendataan masih dilakukan. Saat masa darurat data akan selalu bergerak. Korban hilang didasarkan pada laporan warga sekitar.

Masyarakat dihimbau untuk tidak mendekati lokasi longsor karena berbahaya terhadap adanya longsor susulan. Apalagi jika terjadi hujan, material longsor yang labil akan mudah terjadi longsor susulan.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, mengatakan lokasi longsor di Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem merupakan daerah zona rawan sedang hingga tinggi longsor. Longsor dari puncakl perbukitan di hutan produksi Perhutani BKPB Salem Petak 26 PlRPH Babakan.

Longsor kemudian menimbun sawah di bagian bawah. Saat longsor cuaca tidak hujan. Lahan pertanian sawah berada di bagian bawah agak jauh dari perbukitan. Material longsoran dari bukit itu turun hingga menimbun petani yang sedang menggarap sawahnya.

Di sisi lain sebanyak 18 orang dilaporkan hilang pascalongsor di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kata Koordinator Badan “Search and Rescue” Nasional (Basarnas) Pos SAR Cilacap, Mulwahyono.

“Jumlah tersebut berdasarkan laporan dari keluarga, kami masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Sementara jumlah korban yang ditemukan meninggal dunia sebanyak lima orang dan selamat 14 orang,” katanya, Kamis.

Menurut dia, salah seorang korban selamat dirujuk ke salah satu rumah sakit di Kabupaten Banyumas karena mengalami patah tulang.(SMNet.com/md)