blank
Marek Suchy/dok

BASEL – Basel tak gentar menghadapi Manchester City pada babak 16 besar leg pertama Liga Champions di St Jakob Park, Rabu (14/2) dini hari WIB. Klub Swiss itu telah mengantisipasi kekuatan dan kelemahan wakil Inggris tersebut. Raphael Wicky, pelatih Basel, akan menugasi bek tengah Marek Suchy untuk meredam pergerakan Sergio Aguero, bomber The Citizens.

Wicky yakin Suchy bakal mampu menjalankan tugas dengan baik. Mematikan striker lawan bukanlah pekerjaan asing bagi center back berusia 29 tahun asal Republik Ceko itu. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua tim. Meski demikian, Basel memiliki pengalaman meladeni klub-klub Premier League. Pada fase grup, mereka sukses menundukkan Manchester United 1-0 di St Jakob Park.

Pada 2013 dan 2014, Basel mampu menaklukkan Chelsea dan Liverpool. Namun, pada 2016 Suchy dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Arsenal. Bebbi, julukan Basel, sudah tiga kali menembus tahap knock out. Sejak 1992, mereka merasakan delapan kali menembus fase grup. Wicky menyiapkan skema 4-2-3-1 dengan menerapkan pressing tinggi. Mereka tak akan membiarkan lawan berlama-lama dengan bola.

Manchester Biru menuju markas Bebbi dengan modal kemenangan 5-1 atas Leicester City. Tanpa Gabriel Jesus dan Leroy Sane yang mengalami cedera, Aguero melambung lewat kontribusi empat gol. Penyerang berkebangsaan Argentina itu diplot sebagai bomber yang didukung dua winger, Raheem Sterling di kanan dan Bernardo Silva di kiri. ”Satu hal yang terpenting, kami tidak boleh kendur. Reputasi Basel sebagai tim jago kandang adalah sesuatu yang perlu menjadi perhatian,” ungkap Pep Guardiola, manajer City. Pep tetap konsisten dengan gaya menyerang timnya yang mengedepankan penguasaan bola melalui umpan-umpan pendek merapat. (smn/rr)