blank

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) -Tiga Puskesmas di Kabupaten Sukoharjo ditutup hingga dua pekan mendatang karena temuan kasus positif Corona pada tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas tersebut.

Dengan tambahan tiga tutup ini, total ada empat puskesmas yang tutup. Yaiti Sukoharjo Kota, Kartasura, Bulu dan Mojolaban.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tingkat Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan terjadi penambahan kasus positif Corona 25 orang per Selasa (15/7/2020) malam. Penambahan kasus didominasi nakes di layanan kesehatan dasar yakni Puskesmas.

“Ada tiga puskesmas yang per hari ini ditutup sampai tanggal 29 Juli nanti. Ketiga puskesmas ini Kartasura, Bulu dan Mojolaban. Puskesmas kita tutup karena ada temuan nakes positif Corona,” kata Yunia.

Tenaga kesehatanr di Puskesmas yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk Puskesmas Mojolaban ada 11 nakes, Puskesmas Kartasura 13 Nakes dan Puskesmas Bulu empat nakes.

Sebagian besar nakes tersebut merupakan nakes yang bertugas di layanan pengobatan masyarakat. Mereka juga sebagian tidak berdomisili di Sukoharjo, sehingga tidak masuk dalam data kasus Corona Sukoharjo.

“Kami masih menelusuri sumber penularan Covid-19 terhadap tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut. Karena pelayanan ditutup dialihkan ke puskesmas terdekat. Warga di wilayah Kecamatan Bulu dialihkan ke Puskesmas Tawangsari dan Nguter. Begitu pula dengan warga di Kecamatan Mojolaban bisa menggunakan layanan kesehatan di puskesmas Polokarto dan Grogol. Sedangkan untuk warga Kartasura, pelayanan kesehatan dialihkan ke Baki dan Gatak.”

Gun