blank

JEPARA (SUARABARU.ID)– Jumlah warga Jepara yang terpapar covid-19 terus bertambah. Senin  (13/7) malam Juru Bicara   Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jepara , dr M. Fahruddin mengumumkan kembali  14 orang penduduk  Jepara yang terkonfirmasi positif covid-19   berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium.

Mereka berasal dari Kecamatan Jepara  2 orang,  Kalinyamatan 1 orang, Pecangaan 2 orang,   Welahan 5 orang, Bangsri 1 orang, Mayong 2 orang dan Kedung 1 orang. Dengan demikian warga Jepara yang terpapar covid-19 jumlah akumulatifnya  mencapai 659 orang.

blank
Data Pasien Covid-19 yang diumumkan tanggal 13 Juli 2020

Sedangkan bila dihitung dengan jumlah warga luar Jepara yag dirawat di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan Jepara, jumlah akumulatifnya mencapai 708 orang.

Kemampuan Nakes Berkurang

Sementara itu pengamat sosial Jepara, Zakaria Ansyori yang sejak awal mencermati penanganan dan perkembangan covid-19 memprediksi, dengan melihat trend yang ada maka dalam waktu dekat dimungkinkan angkanya akan menyentuh 1.000 kasus.

“Sebab data pasien yang diumumkan sekarang kami perkirakan adalah hasil pelacakan 7 – 10 hari yang lalu,” ujar Zakaria. Padahal angka kasus dalam 10 hari terakhir justru meningkat, tambahnya

“Apalagi dengan banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar, membuat kemampuan untuk tracing dan tracking menjadi berkurang. Mereka selama ini  berada di garda terdepan dan mereka telah semakin lelah.  Mereka juga perlu diberikan waktu unstuk beristirahat” ujarnya.

Harusya kerja keras tenaga kesehatan ini diimbangi oleh tindakan preventif yang tegas dan terukur, tambahnya.

Hadepe – ua