blank
Warga RW 05 Kampung Mataraman Wonosobo Timur tengah melayani pengunjung yang datang ke Pasar Gratis Jogo Tonggo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Warga RW 05 Kampung Mataraman Kelurahan Wonosobo Timur Wonosobo, Minggu (12/7), kembali menggelar Pasar Gratis Jogo Tonggo di komplek kampung setempat.

Pasar Gratis Jogo Tonggo digelar sepekan sekali tiap hari Minggu selama pandemi global Covid-19 masih berlangsung. Kegiatan sosial tersebut menyediakan aneka paket kebutuhan pokok rumah tangga.

Sembako yang disediakan di Pasar Gratis Jogo Tonggo ada 98 paket. Paket sembako terdiri sayur mayur, minyak, gula, beras dan aneka bumbu dapur. Sembako dijejer di atas meja dibawah tenda yang didirikan sementara.

Sejak pagi hingga siang, sejumlah Ibu-Ibu TP PKK RW 05 Kampung Mataraman tampak sudah sibuk mengemas paket sembako yang akan disumbangkan warga yang membutuhkan karena terdampak langsung ekonomi karena wabah virus Corona.

Dari Warga

blank
Ibu-Ibu TP PKK RW 05 Kampung Mataraman Wonosobo Timur tengah menyiapkan paket sembako yang akan dipajang di Pasar Gratis Jogo Tonggo. Foto : SB/Muharno Zarka

Tokoh masyarakat RW 05 Kampung Mataraman, Muhammad mengatakan, Pasar Gratis Jogo Tonggo merupakan gerakan bersama dari warga, oleh warga dan untuk warga. Para donatur membantu warga setempat yang kurang mampu.

“Ini murni gerakan dari dan untuk warga. Bahkan penerima manfaat dari aksi sosial ini bukan hanya warga RW 05 Kampung Mataraman. Warga dari luar pun dilayani jika berkunjung ke Pasar Gratis Jogo Tonggo ini,” katanya.

Kepala Kelurahan Wonosobo Timur Endang Istiana mengatakan, sangat mengapresiasi gerakan peduli tetangga yang dilakukan warganya selama pandemi global Covid-19 ini. Pasar Gratis Jogo Tonggo sangat membatu warga yang membutuhkan.

“Hampir di seluruh RW yang ada di Wonosobo Timur menggelar acara serupa, tiap hari Jumat dan Minggu, sepekan sekali. Gerakan sosial tersebut sangat baik. Mudah-mudahan bisa menginspirasi warga lain untuk menggelar kegiatan yang sama,” katanya.

Muharno Zarka-Wahyu