blank
RSUD dr Soedirman Kebumen di Jalan Lingkar Selatan menjadi tempat rujukan merawat kasus positif Covid-19, termasuk bagi tenaga kesehatan.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak enam tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di sejumlah layanan kesehatan dinyatakan positif Covid-19. Keenam nakes tersebut segera menjalani isolasi dan perawatan di dua rumah sakit, yaitu di RSU dr Soedirman Kebumen dan RSU Pembun.

Koordinator Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen Cokroaminoto bersama Tim Humas Gugus Tugas Jumat (10/7) malam mengungkapkan, pada hari itu kasus positif Covid-19 bertambah enam orang.

Mereka atas nama NUR (38) perempuan, ERN (41) perempuan, AEP (29) perempuan, AM (42,)  laki-laki, RW (39) perempan, dan DU (39), perempuan. Dari kasus positif tersebut merupakan tenaga kesehatan (nakes) dengan status orang tanpa gejala (OTG).

Menurut keterangan Cokroaminoto, selama ini nakes tersebut menangani dan banyak kontak dengan OTG, orang dalam pemantauan (ODP), dan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di masyarakat.  Selanjutnya bagi  nakes yang positif, akan diisolasi di RSDS Kebumen dan di RSU Prembun.

Corkoaminoto menyatakan, Gugus Tugas telah mengambil langkah-langkah penanganan sebagai berikut. Fasilitas kesehatan tetap buka dan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Fasilitas kesehatan yang ada kasus nakes positif, akan dilakukan pemeriksaan swab pada seluruh karyawan dan kontak eratnya (keluarga).

Kemudian dilakukan disinfektanisasi  lingkungan tempat pelatihan dan fasilitas kesehatan (faskes) serta  di rumah nakes yang bersangkutan, pemberian paket sembako selama masa isolasi.

Sementara itu, pada Jumat kemarin pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh bertambah 1 orang atas nama SUH         (50), laki-laki. Dengan demikian saat ini pasien positif Covid-19 di Kebumen total tercatat 51 orang, 2 meninggal dunia, 12 orang dalam perawatan dan 37 orang telah sembuh.

Komper Wardopo