blank
Bantuan dari manajemen dan pekerja PT PEPC diserahkan untuk Puskemas Ngasem, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jatim. Foto: SB/Hms-PEPC.

BOJONEGORO (SUARABARU.ID)– Pesebaran virus corona di masa new normal, ternyata masih cukup tinggi. Kebutuhan akan alat sanitasi dan sterilisasi di fasilitas-fasilitas umum, juga masih sangat dibutuhkan masyarakat.

Selain itu pula, kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis, berikut vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, juga masih sangat diharapkan.

Menyikapi kondisi new normal di tengah pandemi covid-19, Komisaris, Direksi dan pekerja PT Pertamina EP Cepu (PEPC) sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengelola Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB), ikut berpartisipasi mencegah penyebaran virus corona di wilayah Bojonegoro, Jatim.

BACA JUGA : Dinsos P3A Blora Serius Tangani Guru Hamili Siswi Disabilitas

”Manajemen dan pekerja PT PEPC, telah menggalang dana untuk membantu sarana pencegahan pesebaran covid-19,” jelas Edy Purnomo, Manager JTB Site Office & PGA PT Pertamina EP Cepu, Kamis (9/7/2020).

Penggalangan dana yang dilakukan oleh seluruh pekerja PEPC ini, lanjut Edy Purnomo, direalisasikan dalam bentuk bantuan untuk 10 fasilitas kesehatan Puskesmas dan Poskesdes yang berada di lima Kecamatan, Ngasem, Gayam, Kalitidu, Purwosari dan Tambakrejo.

Menurut Edy, bantuan yang disalurkan berupa 10 portable hand wash unit, 1.000 APD hazmat, 500 box sarung tangan latex (handscoon), 500 box masker medis (surgical) mask, 500 botol vitamin anak dan 200 botol madu.

Ditambahkan dia, seluruh pekerja PEPC kompak berinisiatif untuk menggalang dana sebagai upaya membantu pencegahan meluasnya covid-19, terutama di wilayah kerja proyek JTB.

blank
Sanitasi alat cuci tangan untuk masyarakat Bojonegoro, Jatim, merupakan bantuan sosial dari manajemen dan para pekerja PT PEPC. Foto: SB/Hms-PEPC

Anak Yatim
Sumbangan ini, lanjutnya, diperuntukkan kepada petugas medis atau tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan membantu masyarakat memerangi covid-19.

Ada pun sarana yang sangat diperlukan berupa perlengkapan sanitasi dan sterilisasi, untuk memberikan perlindungan bagi petugas medis dan juga masyarakat.

Bantuan lain yang disalurkan dari hasil penggalangan dana ini, berupa santunan kepada 100 anak yatim yang berlokasi di wilayah Operasi Proyek JTB.

”Sejak awal pandemi lalu, PEPC telah memberikan donasi dalam upaya mendukung penanganan krisis kesehatan, baik di Jakarta maupun di Bojonegoro,” jelas Manager JTB Site Office & PGA PT Pertamina EP Cepu ini.

Puskesmas Ngasem
Untuk donasi kali ini, diberikan kepada 10 fasilitas kesehatan yang berada di lima kecamatan di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

”Selain di Bojonegoro, bantuan alat sanitasi dan sterilisasi juga diberikan di sekitar wilayah Kantor PEPC Jakarta, yang tentu saja juga sangat merasakan dampak akibat pandemi covid-19 ini,” tandas Edy Purnomo.

Terpisah, Kepala Puskesmas Ngasem, dr Cahyanu Mardika, memberikan apresiasi positifnya atas bantuan yang telah diberikan PEPC. ”Bantuan ini sangat bermanfaat untuk para staf dan tenaga kesehatan di Puskesmas Ngasem, dalam upayanya memberikan pelayanan kepada masyarakat,” terang Mardika.

Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, menurut Mardika, kebutuhan APD untuk tenaga kesehatan sangat penting, termasuk dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Wahono-Riyan