blank
SIMULASI: Para petugas sedang melakukan simulasi pemulasaran jenazah covid-19. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Dalam upayanya untuk penanggulangan penyebaran virus covid-19, Babisa Kelurahan Kauman Pelda Sunarto dan Bhabinkamtibmas Bripka Kholik, mengikuti pelatihan pemulasaran jenazah covid-19.

Ikut serta dalam kegiatan itu, Kepala Kelurahan Kauman Marthin Ukie Andhana SE MSi, dan tenaga kesehatan Puskesmas Blora.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka antisipasi adanya permasalahan, terkait penanganan terhadap jenazah yang terpapar covid-19. Hal itu membuat Puskemas Blora membentuk tim khusus penanganan jenazah, dengan mengadakan pelatihan pemulasaran jenazah covid-19, di ruang Aula Puskesmas Blora, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Selasa (7/7/2020).

BACA JUGA : Polres Blora Pantau Kegiatan Daftar Ulang PPDB

Pelatihan pemulasaran jenazah covid-19 ini, untuk melatih personel yang tergabung dalam tim khusus tentang tata cara mengurus jenazah pasien covid-19. Kegiatan simulasi ini diawali dengan memperagakan berbagai tahapan, mulai dari korban meninggal hingga proses pemulasaranan jenazah, yang semua dilaksanakan sesuai standar yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Dengan diadakannya simulasi ini, diharapkan seluruh personel utamanya yang terjun langsung di tengah masyarakat, bisa memahami proses pemulasaran jenazah covid-19, yang sesuai standar operasional prosedur atau protokol kesehatan, sehingga bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Dalam simulasinya, narasumber Eko Hadi SKep Nes menjelaskan, penanganan jenazah covid-19 dalam proses pemulasaran harus berurutan. ”Tenaga pemulasaran harus menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, dan bertindak harus sesuai protokol kesehatan,” jelasnya, sambil memperagakan tata cara penanganan jenazah covid-19.

Terpisah, Danramil 01/Blora Kapten Inf Darmanto menambahkan, pelatihan dan simulasi ini penting dilakukan, agar bisa menjadi bekal setiap anggota, dan nantinya selalu siap setiap waktu untuk bertindak sesuai protokol penanganan covid-19.

Wahono-Riyan