blank
Dandim berkesempatan dialog bersama warga terkait penanaman cemara laut di areal tempat wisata Bledug Kuwu. Foto : hana eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 100 batang pohon cemara laut ditanam di areal tempat wisata legenda, Bledug Kuwu, di Kecamatan Kradenan, Sabtu (4/7/2020). Penanaman bibit cemara laut ini dilakukan Satgas TMMD Reguler ke-108 dengan menggandeng Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Grobogan.

Hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta ikut terjun dalam penanaman pohon cemara laut tersebut. Dengan menggunakan cangkul, Dandim menggali tanah yang akan ditanami bibit cemara laut tersebut. Usai menanam, Letkol Asman langsung memberikan pupuk dan tanah lalu menyiram tanaman tersebut.

“Kita melaksanakan penanaman pohon cemara laut ini merupakan rangkaian dari TMMD Reguler ke-108. Dalam penanaman ini, kita juga bekerja sama dengan relawan hijau, dimana kita punya visi misi yang sama yakni menghijaukan Kabupaten Grobogan,” jelas Letkol Inf Asman Mokoginta.

Alasan memilih tempat wisata Bledug Kuwu ini sebagai lokasi penanaman cemara laut karena sifat tanah yang unik, yakni mengandung garam.

“Di samping itu, di kawasan ini tidak banyak pohon-pohon yang ditanam, sehingga kita coba menanam cemara laut. Apabila nanti pohon ini cocok ditanam di sini, maka akan kita hijaukan lagi dengan cemara laut ini,” tambahnya.

blank
Dandim 0717/Purwodadi, Letkol Inf Asman Mokoginta saat menanam pohon cemara laut di areal Bledug Kuwu untuk kali pertama. Foto : Hana Eswe/ist.

Dialog Bersama

Di tempat yang sama, Letkol Inf Asman Mokoginta juga berkesempatan berdialog dengan warga sekitar. Baik mereka yang ikut berperan serta melakukan penanaman pohon maupun yang berada di area Bledug Kuwu.

Dalam dialog ini, ada banyak harapan dari warga dengan adanya penanaman cemara laut. Mereka berharap, pohon yang biasa ditemukan di area pantai ini bisa tumbuh di Bledug Kuwu dan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke sana.

“Tujuan dari penanaman cemara laut ini untuk menghijaukan tempat wisata Bledug Kuwu. Dalam dialog bersama tadi, ada harapan dari warga semoga dengan adanya penanaman pohon ini bisa membantu penghijauan di Bledug Kuwu dan bisa menarik minat wisatawan untuk datang ke sini,” jelasnya.

Hana Eswe-trs