blank
Ketua TP PKK Wonosobo Fairuz Eko Purnomo ikut menjajakan sembako di Pasar Gratis Jogo Tonggo RW 11 Kampung Mulyosari Jaraksari. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pasar Gratis Jogo Tonggo RW 11 Kampung Mulyosari Kelurahan Jaraksari Wonosobo, Jumat (3/7), banyak dikunjungi dan diserbu warga sekitar. Sembako yang dijajakan pun cepat habis.

Pasar Gratis dengan tagline “Peduli Tonggo, Bergotong Royong Meringankan Beban Warga” yang digelar pelataran warga itu, dihadiri Ketua TP PKK Wonosobo, Ny Fairuz Eko Purnomo.

Turut hadir pula Camat Wonosobo Suratman, Lurah Jaraksari Ahmad Nuri Utomo, Ketua TP PKK Kelurahan Jaraksari Nur Asiah dan beberapa Ketua RW di lingkungan Kelurahan Jaraksari Wonosobo.

Pasar Gratis Jogo Tonggo menyediakan aneka sembako untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak ekonomi Covid-19. Sembako dibeli dari iuran warga setempat dan donatur lainnya yang memberikan donasi.

Jogo Tonggo

blank
Kader Posyandu dan TP PKK RW 11 Kampung Mulyosari Kelurahan Jaraksari foto bersama dengan Ketua TP PKK Wonosobo, Fairuz Eko Purnomo. Foto : SB/Muharno Zarka

Ketua TP PKK Wonosobo Ny Fairuz Eko Purnomo mengapresiasi upaya yang dilakukan Kader Posyandu dan PKK menggelar pasar gratis dari warga, oleh warga dan untuk warga. Warga setempat sudah punya kesadaran bersama-sama dalam suka dan duka.

“Ini sebagai bentuk realisasi dari gerakan Jogo Tonggo yang digulirkan Pemprov Jawa Tengah dan Pemkab Wonosobo. Mari saling jaga diri dan jaga tetangga agar tetap aman serta terhindar dari paparan virus Corona,” ajaknya.

Camat Wonosobo Suratman menyebut warga di Kelurahan Jaraksari merupakan pelopor kegiatan pasar gratis selama pandemi Covid-19 ini. Di semua RW di Kelurahan Jaraksari sejak awal telah menggelar aksi sosial yang sama.

“Pasar gratis di wilayah Jaraksari sudah digelar sejak ramadan lalu dan hingga kini masih tetap berlangsung. Bahkan kegiatan tersebut telah menginspirasi warga di daerah lain untuk menggelar pasar gratis yang sama,” sebutnya.

Muharno Zarka-Wahyu