Infografis Covid-19 Kabupaten Grobogan per Selasa (30/6/2020). Sumber: Gugus Covid

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Satu tenaga harian di Kecamatan Godong terkonfirmasi positif covid-19 berdasar uji swab yang hasilnya keluar pada Senin (29/6/2020) kemarin. Sebagai upaya pencegahan persebaran Covid-19 jenis baru, para staf lainnya mengikuti rapid test.

“Adanya satu staf yang dinyatakan positif covid-19, pelayanan di Kantor Kecamatan Godong untuk sementara ditutup selama tiga hari,” jelas Camat Godong Bambang Hariyono dalam laporannya, Selasa (30/6/2020).

Staf kecamatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini bernama LD (34). Saat dinyatakan positif ini, LD juga tengah hamil. Pihak Dinas Kesehatan Grobogan langsung melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah berkontak dengan LD.

Ditemukan 23 orang memiliki kontak erat dengan LD. Selain keluarga, juga ada lima teman kantornya yang menjalani rapid test. “Alhamdulillah untuk teman kantor LD hasil rapid test-nya nonreaktif semua,” ujar Bambang.

Wilayah Geyer yang sebelumnya masuk zona kuning, kini kembali merah setelah satu warga Desa Ledokdawan terkonfirmasi positif covid-19. Sumber: Gugus Covid

Kasus Baru

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Grobogan, dr Slamet Widodo menerangkan, dari 23 yang ikut rapid test, ada empat orang yang reaktif. Antara lain, J (suami LD), T (anak LD), dan AS (ibu LD), serta R (ibu mertua LD).

“Empat orang yang hasil rapid test-nya reaktif ini langsung kita jemput dan diisolasi di RS Ki Ageng Selo, Kecamatan Wirosari,” jelas dr Slamet Widodo.

Setelah sebelumnya diinformasikan adanya 15 kasus baru covid-19 pada Senin kemarin, muncul empat kasus baru pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu dibenarkan Slamet.

“Keempat pasien positif covid-19 tersebut adalah SA (25) dari Desa Curug Kecamatan Tegowanu, S (89), dari Desa Ledokdawan Kecamatan Geyer, D (60) dari Desa Katekan Kecamatan Brati, dan IH (20), warga Katong Kecamatan Toroh,” jelas Slamet.

Keempat pasien positif covid-19 ini merupakan hasil tracing dari kontak erat pasien positif sebelumnya. Mereka mengikuti rapid test dengan hasil reaktif. Selanjutnya dilakukan uji swab dan keempatnya dinyatakan positif covid-19.

“Keempat saat ini menjalani perawatan di dua rumah sakit. Yakni untuk pasien SA dari Curug dirawat di RS Getas Pendowo Gubug. Sedang S, D, dan IH menjalani perawatan di RS Panti Rahayu Yakkum Purwodadi,” tambah Slamet.

Hingga saat ini, total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Grobogan ada 109 orang dengan rincian 34 orang sembuh, 60 orang masih dirawat dan 15 orang meninggal dunia.

Hana Eswe-trs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here