Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto SIK MSi menyerahkan penghargaan kepada anggota Polri yang purna bakti. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kapolres Wonosobo, AKBP Fannky Ani Sugiharto SIK MSi memimpin upacara kenaikan pangkat di halaman Mapolres Wonosobo pada hari Selasa, (30/6).

Sebanyak 27 personel Polres Wonosobo mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi per-tanggal 1 Juli 2020. Kenaikan pangkat harus diikuti dengan kinerja yang baik.

Kenaikan pangkat yang ditandai dengan pelaksanaan corps raport merupakan salah satu dari program pembinaan karier bagi anggota Polri yang dilaksanakan secara objektif, adil dan konsisten sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penilaian kenaikan pangkat memperhatikan aspek moral, mental dan kepribadian. Dalam setiap tugas yang dilaksanakan, setiap personil Polri akan dinilai untuk menentukan kenaikan pangkat yang akan diterima.

Sejumlah 27 personel yang naik pangkat dengan rincian sebagai berikut dari AKP ke Kompol sebanyak 1 personel, Bripka ke Aipda sebanyak 14 personel dan Brigpol ke Bripka sebanyak 12 personel.

Sejumlah 27 personel Polri di Polres Wonosobo naik pangkat. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Purna Tugas

Kapolres Wonosobo AKBP Fannky Ani Sugiharto menyatakan kenaikan pangkat tidak dapat diperoleh secara otomatis. Tiap anggota Polri dituntut bekerja lebih keras sesuai UU No 2 tahun 2002, bahwa pangkat menunjukan kualitas kemampuan seseorang sedangkan jabatan menunjukan lingkup tanggungjawab.

“Kenaikan pangkat juga merupakan refleksi rasa tanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga patut dijaga dan selalu bersyukur seraya memohon bimbingannya dalam menghadapi tugas ke depan,” katanya.

Disela-sela upacara korp raport juga dilaksanakan upacara purna bakti bagi yang melaksanakan purna tugas. Purna bhakti akan dihadapi semua personil dan sebagai bentuk peralihan pola kehidupan sipil sebagai masyarakat biasa.

Personil Polri yang purna bakti wajib menjaga nama baik institusi Polri dengan menjadi contoh atau suri tauladan di masyarakat. Wisuda purna bakti Polres wonosobo ada 11 personil terdiri 2 Pamen, 4 Pama, 4 Bintara dan 1 ASN.

“Selaku pribadi maupun Kapolres Wonosobo, saya mengucapkan terima kasih setinggi tingginya. Rasa hormat kepada para wisudawan purna bakti atas dedikasi dan pengabdian selama dinas aktif,” pungkasnya.

Muharno Zarka/mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here