Bagikan
Keluarga besar Polres Wonosobo ketika melakukan tabur bunga di TMP Wiropati dalam rangka HUT ke-74 Bhayangkara. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 Polres Wonosobo melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wiropati di jalan Bambang Sugeng, Wonoaobo, Senin (29/6).

Ziarah dan tabur bunga dipimpin oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Fannky Ani Sugiharto SIK MSi dan diikuti para pejabat utama (PJU) Polres Wonosobo. Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya dalam pelaksanaan ziarah kali ini.

Dengan adanya pandemi Covid-19, kegiatan ziarah di lakukan dengan prosedur protokol kesehatan yang telah ditetapkan yaitu dengan jaga jarak antar peserta, wajib mengenakan masker dan sarung tangan dan dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum mengikuti kegiatan upacara.

Ziarah yang diawali dengan upacara, kemudian memberikan penghormatan dan mengheningkan cipta terhadap arwah para pahlawan yang gugur tersebut berlangsung khidmat.

Setelah kegiatan upacara dilanjutkan dengan tabur bunga yang di ikuti oleh semua peserta upacara.
Ziarah ke makam pahlawan sebagai upaya mengenang jasa pahlawan yang telah ikut merebut kemerdekaan RI.

“Ziarah makam dan tabur bunga di makam pahlawan ini merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-74 yang dilaksanakan Polres Wonosobo. Prosesi tabur bunga dan ziarah di makam pahlawan merupakan kegiatan rutin setiap tahun,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, AKBP Fannky Ani Sugiharto, S.I.K.,M.Si menjelaskan bahwa, ziarah dan tabur bunga di makam pahlawan ini dilakukan untuk mengenang jasa jasa pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa ini dan mengajak seluruh anggota agar mensuritauladani apa yang telah diperbuat oleh kusama bangsa dalam merebut dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Muharno Zarka-Wahyu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here