blank
Bupati Temanggung M Al Khadziq dan Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto munjukkan dokumen laporan hasil pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Temanggung tahun 2019. Foto: Suarabaru. Id/ Yon

TEMANGGUNG(SUARABARU.ID)- Kabupaten Temangung kembali meraih  penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan Pemerintahan Kabupaten Temanggung tahun 2019. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan ke delapan kali secara berturut- turut.

Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan  Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, Ayub Amali secara virtual melalui video conference  dengan Bupati Temanggung M Al Khadziq di Pendopo Pengayoman,  kompleks rumah dinas Bupati Temanggung , Jumat (26/6).

Al Khadziq dalam sambutannya mengatakan, status atas laporan hasil pemeriksaan (LHP) dari BPK RI  tersebut  tidak  lepas dari penyusunan laporan keuangan yang sesuai standar akuntasi pemerintahan yang disajikan berbagai satuan kerja maupun organisasi perangkat daerah yang ada.

Ia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Temanggung memberikan  penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BPK RI yang telah mencurahkan segenap tenaga, pikiran dan dukungan serta kerjasamanya. Mulai dari pemeriksaan internal, pemeriksaan pendahuluan dan pemeriksaan terinci yang dilaksanakan secara daring dan dilanjutkan dengan pemeriksaan lapangan ke Kabupaten Temanggung meskipun dalam kondisi darurat covid- 19.

Khadziq berharap, opini WTP yang diraih Pemkab Temanggung sebanyak delapan kali berturut-turut tersebut  bisa dipertahankan pada tahun-tahun mendatang. Dengan diterimanya opini WTP tersebut, pihaknya  segera akan menyampaikan  ke DPRD Temanggung  untuk dilakukan pembahasan  dan selanjutnya segera ditetapkan menjadi perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2019.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Temanggung, Yunianto mengatakan, raihan  opini WTP atas hasil pemeriksaan BPK sebanyak delapan  kali berturut-turut tersebut,merupakan upaya keras dari jajaran  Pemkab Temanggung  yang telah memberikan kontribusi terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Untuk itu, sebagai bagian dari  pemerintah daerah, jajaran legislatif Kabupaten Temanggung akan terus berkomitmen  dalam pengelolaan keuangan secara  akuntabel,  transparan dan semua  kebijakannya dapat diakses oleh masyarakat.

“Selain itu,  juga  mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan tantangan global yang ada,” katanya.

Yon-trs