blank
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Gotri Wijianto. Foto: Suarabaru.Id/ Yon

TEMANGGUNG ( SUARABARU.ID) – Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Temaanggung dalam dua hari terakhir mencapai 70 orang.

“Sebelumnya pada Rabu ( 24/6) pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 10 orang,dan selang satu hari kemudian bertambah 60 orang. Sehingga dalam dua hari kemarin jumlah pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 70 orang,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung, Gotri Wijianto.

Gotri mengatakan, ke-70 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut,  64 orang  menjalani karantina di Asrama BLK Maron,Temanggung dan  Gedung Pemuda serta  enam orang lainnya  yang sebelumnya  menjalani perawatan secara intensif di RSU Djojonegoro Temanggung.

Menurutnya, dengan bertambahnya pasien yang dinyatakan sembuh tersebut, hingga saat ini jumlah total pasien dalam pengawasan (PDP)  covid-19 yang sembuh di Kabupaten Temanggung sebanyak 170 orang,

“Saat ini di wilayah Kabupaten Temanggung masih terdapat 87 orang  pasien covid-19. Yakni, lima orang menjalani karantina di Gedung Pemuda ,  22 orang  dikarantina di  BLK Temanggung, dua orang menjalani perwatan di RSUD Temanggung dan sisanya menjalani karantina mandiri di rumah,” katanya.
Gotri mengatakan,  tingkat  kesembuhan masing-masing  pasien yang mendapatkan perawatan maupun yang menjalani karantina  berbeda-beda. Yakni, ada yang satu bulan sudah sembuh, tetapi ada juga  yang sampai 2,5 bulan belum sembuh dan tergantung dari imunitas masing-masing.
“ Sebagian besar pasien positif di Temanggung merupakan  orang tanpa gejala (OTG), sehingga sangat tergantung imunitas masing-masing,” katanya.
Menurutnya, dalam 10 hari terakhir  Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Temanggung telah dilakukan pelacakan dan tes usap  terhadap 398 orang. Dan, dari jumlah tersebut, yang  sudah keluar hasil tes usap sebanyak 374 orang dan 24 orang masih menunggu.
Sedangkan dari hasil tes usap yang sudah keluar terhadap 374 orang tersebut , satu orang dinyatakan positif dan 373 orang lainnya dinyatakan negatif.

Jangan Terburu-buru

Meskipun terdapat 70 orang yang dinyatakan sembuh, namun pihaknya meminta kepada semua pihak untuk tidak tergesa-gesa masuk ke normal baru. Apalagi Kabupaten Temanggung saat ini masih menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) sampai 3 Juli mendatang.

“Jangan buru-buru normal baru dan kami percaya ketaatan dan kedisiplinan masyarakat di Kabupaten Temanggung ini akan mempercepat penanganan covid-19 di Temanggung,” katanya.

Yon-trs