blank

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sebanyak delapan tahanan Polres Grobogan mengikuti tes cepat (rapid test). Kegiatan ini berlangsung di Ruang Tahanan Mapolres Grobogan dengan penjagaan ketat dari Sat Tahti Polres Grobogan, Kamis (25/6/2020).

Satu per satu para tahanan ini menghampiri tempat petugas dari Urkes Polres Grobogan dan Dinkes Grobogan hendak mengambil sampel darah mereka.

Tes cepat ini juga disaksikan langsung Wakapolres Grobogan, Kompol Dwi Hendro Pudiyanto dan perwakilan dari Kejaksaan Negeri Grobogan. Pelaksanannya pun berjalan dengan lancar.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan tes cepat untuk para tahanan di Polres Grobogan. Ada delapan orang mengikuti tes ini,” jelas Wakapolres Grobogan, Kompol Dwi Hendro Pudiyanto.

blank
Sebelum rapid tes, para tahanan dicek suhu tubuhnya. Foto : Hana Eswe/ist.

Dikatakan Kompol Dwi Hendro, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di area ruang tahanan Mapolres Grobogan.

Selain itu, tes cepat ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mendeteksi sejak dini apakah para tahanan reaktif atau nonreaktif terhadap covid-19.

Rapid test ini dilaksanakan untuk pada tahanan yang baru masuk maupun akan keluar.

Tujuannya sebagai upaya pencegahan dan mendeteksi sejak dini apakah para tahanan ini benar-benar bebas dari covid-19 ini, sehingga jika ada yang positif bisa terdeteksi sejak dini agar tidak menyebar ke mana-mana,” tambahnya.

Kompol Dwi Hendro menjelaskan, hasil dari tes rapid pada kedelapan tahanan tadi menunjukkan nonreaktif atau negatif. Meski demikian, upaya pencegahan penyebaran covid-19 tidak berhenti di situ saja, melainkan juga akan dilaksanakan penyemprotan disinfektan secara berkala di ruang tahanan Mapolres Grobogan.

“Dari delapan tahanan Mapolres Grobogan yang ikut rapid test tadi, Alhamdulilah hasilnya negatif atau nonreaktif. Kegiatan juga dilanjutkan dengan penyemprotan disinfektan di ruang para tahanan,” tutup dia.

Hana Eswe-Wahyu