blank
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo, Ketut Arif, saat memberikan paparan. Foto: taletha
PURWOREJO (SUARABARU.ID) -Bagi masyarakat Purworejo, khususnya bagi kelompok rentan (penyandang disabilitas, ibu hamil/menyusui, lansia diatas 60 tahun dan balita) saat ini akan mendapatkan kemudahan dalam pelayanan pembuatan paspor baru dan penggantian melalui program Si Jempol Keren.
Si Jempol Keren (Aksi Jemput Bola Bagi Kelompok Rentan) merupakan inovasi pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo yang telah diluncurkan awal tahun ini. Inovasi ini dibuat guna peningkatan pelayanan bagi masyarakat, terutama bagi kelompok rentan.
blank
epala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo Ketut Arif
Hal itu disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo Ketut Arif usai Rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Tingkat Kabupaten dan Kecamatan se Kabupaten Purworejo siang ini (24/6) di Rumah Makan Bambu Kuning.
Program ini diluncurkan guna menindaklanjuti zona integritas bebas dari korupsi serta upaya untuk mempermudah masyarakat, terutama yang tinggal jauh dari Kantor  Imigrasi.
“Kami hadir di Kabupaten Purworejo, jadi tidak perlu repot datang ke Wonosobo. Cukup datang di Kantor Sekretariat Daerah Purworejo, setiap hari Selasa dan Kamis. Mudah-mudahan inovasi ini mendapatkan apresiasi dan sambutan baik dari masyarakat,” katanya.
Untuk persyaratan sama seperti yang biasa dipersyaratkan dalam pengurusan paspor, yakni melampirkan KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran. Untuk balita harus ada data dari orang tuanya. Biaya yang diperlukan sebesar Rp 350 ribu yang bisa dibayarkan di 76 bank persepsi.
“Sementara ini kami melayani kaum rentan, nantinya, kami berencana untuk melayani masyarakat umum di Purworejo. Pemkab Purworejo telan menawarkan, akan menyediakan tempat bagi Imigrasi Wonosobo di Mall pelayanan publik yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan,” imbuhnya.
Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Sumharjono, yang turut hadir dalam rapat memberikan apresiasi program Si Jempol Keren di Purworejo. Pemkab telah mempersiapkan tempat di Ruang Otonom Setda guna pelayanan program Si Jempol Keren.
“Nanti warga Purworejo yang mau haji, umroh, ke luar negeri bisa terlayani. Kita minta pelayanan keimigrasian dapat berjalan penuh di Purworejo. Setelah ada layanan mall pelayanan publik, akan kita sediakan tempat,” terang Sumharjono.
TALETHA-trs