SEMARANG (SUARABARU.ID)– Universitas Semarang (USM) dibawah naungan Yayasan Alumni Undip pertama kali menggelar upacara wisuda secara on line dengan aplikasi zoom dan youtube pada Selasa (23/6).

Wisuda kali ini berbeda dengan wisuda sebelumnya dikarena pandemi covid-19 yang melanda di berbagai negara sehingga upacara wisuda digelar secara virtual dan bertepatan dengan Dies Natalis Ke-33 USM.

Menurut Wakil Rektor I USM Prof. Dr. Dra. Hardani Widhiastuti, M.M., psikolog bahwa jumlah wisudawan sejumlah 1.494 sehingga sampai saat ini USM telah mewisuda sebanyak 37.195 lulusan.

Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof. Dr. H. Muladi, SH berpesan agar alumni USM memiliki karakter selalu berfikir sistemik, mampu bekerja dalam suatu tim, berorientasi pada tujuan tertentu, tidak berfikir sepotong-sepotong, melihat segala sesuatu selalu bersifat komprehensif dan berkaitan satu sama lain, serta ada mekanisme pengendali.

“Berusaha memahami pendekatan multidisipliner, interdisipliner dan lintas sektoral, karena suatu masalah sosial dalam pembangunan tak mungkin dipecahkan dengan satu cabang ilmu pengetahuan monodisiplin” ungkap Muladi.

Mantan Menteri Kehakiman ini menambahkan bahwa civitas akademika USM harus memiliki karakter berkeindonesiaan yaitu menghayati pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu harus selalu menjaga kesembangan antara iptek dan imtaq, kemampuan iptek akan menjadikan manusia untuk bisa berbuat segalanya melalui akalnya, dan imtaq kepada Allah SWT dapat mengendalikan seseorang untuk tidak berbuat negatif seenaknya karena memiliki kemampuan iptek, sehingga bermanfaat untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Hadir dalam kesempatan tersebut Rektor USM beserta jajaranya, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip beserta jajarannya serta wisudawan terbaik.

Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip Prof. H. Abdulah Kelib, SH mengatakan selama pandemic ini perkuliahan dilakukan secara daring bahkan wisuda kali ini pun juga dilakukan secara on line dan yang hadir cukup perwakilan wisudawan terbaik.

“Kami berharap para alumni bisa memberikan konstribusi terbaik kepada bangsa dan negara, ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah bisa diimplementasikan di dunia kerja serta menjaga nama baik almamater” ungkap Prof Kelib.

Sementara Rektor USM Andy Kridasusila SE MM mengatakan wisuda kali ini sangat istimewa karena bertepatan dengan Dies Natalis Ke-33 USM dan USM merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengn jumlah mahasiswa terbanyak di Kota Semarang.

Kami berharap para lulusan USM bias bersinergi dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta dalam pemanfaatan teknologi informasi agar bisa memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

USM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here