blank
Camat Pracimantoro, Warsito dan Kepala Puskesmas Dokter Dwi Cahyo (kedua dan ketiga dari kiri) bersama jajaran Koramil dan Polsek, mengadakan sosialisasi pencegahan wabah corona ke pasar.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Pasar tradisional Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, disemprot disinfektan. Bersamaan itu, loka karya di Puskesmas Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, membahas langkah percepatan penanganan dan pencegahan wabah virus corona.

Untuk penyemprotan pasar, lebih dulu dilakukan pemberitahuan kepada para pedagang dan pengunjung pasar. Ini dilakukan oleh Tim Gugus Percepatan Penanganan (GTPP) pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Kecamatan Pracimantoro. Penyemprotan disinfektan, dilakukan dalam upaya memutus rantai penyebaran wabah virus corona.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Pracimantoro, Warsito, Kapolsek Pracimantoro AKP Setiono, Danramil-13 Pracimantoro yang diwakili Serma Didik dan Koptu Ahmad, dan Kepala puskesmas Pracimantoro Dokter Dwi Cahyo bersama personel tim medis.

Langkah Percepatan
Sementara itu, bertempat di gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri, digelar loka karya mini tentang kesehatan. Yang di dalamnya, memabahas pula tentang langkah percepatan penanganan wabah virus corona.

blank
Puskesmas Puhpelem Kabupaten Wonogiri, menggelar loka karya mini tentang kesehatan. Ikut dibahas pula langkah pencegahan pandemi Covid-19.

Bati Tuud Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, Pelda Bambang, hadir mewakili Danramil Kapten (Inf) Tono. Turut hadir pula, Camat Puhpelem, Jaiman, Kapolsek Puhpelem, Iptu Budiono, Kepala UPTD Puskesmas Puhpelem, Dokter Arif Wibowo, Kepala SMK Negeri 1 Puhpelem, Joko Widagdo bersama pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Puhpelem, Jaiman, mengingatkan tentang pentingnya warga masyarakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan pencegahan pandemi Covid-19. Agar tiap-tiap desa siaga melakukan langkah pencegahan.

Suhu Badan
Di tempat-tempat ibadah dan di pasar, agar menyiapkan fasilitas Cuci Tangan Memakai Sabun (CTMS), juga memberikan jasa pelayanan pengecekan suhu badan memakai thermogun. Kepada warga masyarakat, diserukan untuk disiplin memakai masker bila ke luar rumah dan menjaga jarak serta menghindari kumpul-kumpul.

blank
Jajaran Polsek Pracimantoro pimpinan Kapolsek AKP Setiyono, ikut menyampaikan sosialisasi langkah pencegahan wabah virus corona kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

Kepada mereka juga diserukan untuk membudayakan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Ini sebagaimana diatur dalam physical distancing dan sosial distancing.

Dalam loka karya mini tersebut, dibahas pula tentang berbagai hal secara lintas sektoral. Mengenai kapan kegiatan belajar mengajar di sekolah dibuka kembali, itu masih menunggu petunjuk, mengingat Kabupaten Wonogiri statusnya masih zona kuning.

Bambang Pur