blank

PEMALANG (SUARABARU.ID) – Masih adanya pasien yang positif covid-19, membuat Kabupaten Pemalang masih dinyatakan dalam zona kuning. “Status Pemalang memang masih zona kuning, karena masih menyisakan pasien yang positif covid-19,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Mardiyanto, Kamis (18/6/2020).

Hingga berita ini diunggah, berdasarkan update data covid-19 Kabupaten Pemalang saat ini total terdapat 33 pasien yang dinyatakan positif, yang dirawat lima orang, yang sudah sembuh 27 orang, sedangkan yang meninggal satu orang.

Seperti diketahui Kabupaten Pemalang saat ini masih dalam tahap awal menuju adaptasi kehidupan baru (new normal) setelah sebelumnya pada 27 Mei – 9 Juni pemerintah daerah setempat memberlakukan kebijakan jam malam.

Dengan memasuki tahapan awal menuju new normal tersebut, Posko Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Pemalang yang bertempat di Pendopo Kabupaten dibongkar pada Jumat (12/6/2020) pagi.

Secara fungsional, kini posko tersebut dikembalikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemalang.

Mardiyanto mengatakan, dalam hal ini tugas DKK secara teknis yaitu berkaitan dengan penanganan pelayanan informasi kesehatan yang tidak bisa dilakukan BPBD.

“Secara teknis untuk Dinas Kesehatan ini yang berkaitan dengan penanganan pelayanan informasi kesehatan, mungkin kalau di BPBD kan tidak memahami pelayanan tentang penanganan covid, sehingga di Dinkes juga ada posko gugus tugas,” terang Mardiyanto, saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (18/6).

Mengenai perkembangan penanganan covid-19 di Pemalang, ia mengatakan, sejauh ini penanganan masih dilakukan semaksimal mungkin, namun kesadaran masyarakat masih kurang.

“Untuk perkembangan penanganan Covid masih tetap kita lakukan semaksimal mungkin, cuma mohon maaf kesadaran masyarakatnya yang masih rendah,” kata Mardiyanto.

Eriko GD