blank
Yudi Indras Wiendarto. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dua hari pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK, diwarnai banyak komplain dari orang tua calon siswa.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng, Yudi Indras Wiendarto, mendesak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, fokus menangani persoalan ini.

Dari hasil pantauan dan komplain yang disampaikan sejumlah calon orang tua siswa, kata Yudi, paling banyak kendala adalah mengakses website PPDB. Calon pendaftar kesulitan untuk membuka dan melakukan proses pendaftaran yang dilakukan secara online.

BACA JUGA : Ganjar Berharap Tidak Ada Kolusi di PPDB Online

”Hal-hal seperti ini kan mestinya sudah diantisipasi. Setiap tahun selalu saja ada kendala yang sama. Cara mengantisipasinya tinggal melihat berapa jumlah siswa lulusan SMP di Jateng, dan berapa jumlah kursi yang tersedia,” kata Yudi di sela-sela mengunjungi posko pengaduan PPDB di Kantor Disdikbud Jateng, Kamis (18/6/2020).

Legislator yang duduk di Komisi E DPRD Jateng ini menjelaskan, dari kejadian itu sebenarnya bisa diukur berapa bandwidth atau kuota yang mesti disiapkan. Atau jika berkaitan dengan verifikasi data dari dinas lain, juga harusnya bisa lebih dipersiapkan.

Melihat data dari Disdikbud Jateng, daya tampung SMA dan SMK di Jateng tahun 2020-2021 mencapai 208.215 siswa. Jumlah itu terdiri dari daya tampung SMA 111.547 siswa, dan siswa SMK 96.668 siswa. Sementara itu, jumlah lulusan sekolah tingkat pertama (SMP, MTS dan SMP Terbuka) tahun 2020 mencapai 513.444 siswa.

Lebih Serius
Komplain yang dia terima selanjutnya adalah, persoalan persyaratan domisili yang ditunjukkan dengan Kartu Keluarga (KK). Menurutnya, cukup banyak yang menyampaikan tak bisa meneruskan proses pendaftaran, karena sistem menolak, dengan alasan KK kurang dari setahun setelah pindah.

”Sudah saya kroscek ke dinas, ternyata data KK (siswa pindah domisili) belum di update Dukcapil. Makanya ditolak oleh sistemnya,” kata Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng ini.

Yudi meminta Dinas untuk lebih serius menangani persoalan ini. Jangan sampai hal-hal administrasi dan teknis, membuat siswa dan orang tua kesulitan. Bahkan jangan sampai menghilangkan hak anak dalam memperoleh pendidikan yang layak.

Dalam proses PPDB SMA/SMK tahun ini, pendaftaran online dilakukan pada 17-25 Juni 2020, evaluasi dan seleksi 26-29 Juni 2020. Pengumuman hasil 30 Juni 2020. Daftar ulang 1-8 Juli 2020, dan pendidikan tahun ajaran baru akan dimulai pada 13 Juli 2020.

Heri Priyono-Riyan