blank
Menyambut peringatan HUT Bhayangkara ke -74, personil Polres Temanggung mengikuti aksi donor darah yang berlangsung di di Aula Sindoro- Sumbing mapolres setempat. Foto: Suarabaru.Id/  Yon

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)- Menyambut peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang diperingati pada  1 Juli mendatang, jajaranPolres Temanggung menggelar bakti sosial donor darah.Kegiatan tersebut  dilaksanakan di Aula Sindoro- Sumbing Polres Temanggung, Rabu (17/6).

Wakapolres Temanggung Kompol Kelik Budiono  mengatakan , aksi donor darah  yang dilakukan bekerjasama dengan PMI Kabupaten Temanggung ini sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan  dari jajaran Polres Temanggung di tengah pandemik covid-19.

Kelik Budiono mengatakan,  kegiatan tersebut  juga untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memenuhi persediaan darah. Mengingat, di tengah pandemi ini persedian darah di unit tranfusi darah PMI Kabupaten Temanggung masih sangat terbatas. “Diharapkan dengan darah yang didonorkan ini sumbangkan bisa menyelamatkan nyawa masyarakat yang membutuhkan,” katanya

Sementara itu, Kepala Urusan Kesehatan Polres Temanggung Ipda Dandoek Goetomo mengatakan, dari 53 53 personil Polres Temanggung  dan anggota polsek jajaran Polres Temanggung yang mendaftarkan untuk mendonorkan darahnya, hanya  40 orang yang memenuhi syarat untuk bisa didonorkan darahnya.

“Sebagian besar yang tidak lolos dikarenakan tekanan darahnya tinggi dan rendah, serta hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,” katanya.

Ia menambahkan, sebagian anggota Polres Temanggung juga telah mendonorkan darahnya pada April kemarin.

Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan para personil Polres Temanggung tersebut dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain yang memerlukan.

Dari 4 pendonor tersebut berhasil dikumpulkan darah golongan  A sebanyak delapan kantong, golongan darah B sebanyak 13 kantong dan golongan darah O sebanyak 19 kantong.

Yon-trs