blank
JALUR KHUSUS : Anggota Satlantas Polres Sukoharjo mengarahkan pesepeda menggunakan jalur khusus sepeda di Jalan Jenderal Sudirman.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Satlantas Polres Sukoharjo bersama dengan Dinas Perhubungan setempat membuat jalur khusus bagi sepeda angin di Jalan Jenderal Sudirman. Jalur khusus tersebut sebagai antisipasi kecelakaan di jalan raya yang melibatkan sepeda angin.

Terlebih, akhir-akhir ini minat masyarakat olahraga sepeda angin sangat tinggi. Utamanya setiap akhir pekan dan hari libur.  Untuk sementara, jalur khusus sepeda berada di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di utara simpang tiga Kejaksaan Negeri Sukoharjo ke arah utara hingga SPBU Jombor, sepanjang satu kilometer. Dalam waktu dekat jalur akan ditambah di sisi selatan.

“Animo masyarakat olahraga bersepeda (Gowes) akhir-akhir ini sangat tinggi. Karena itu sebagai antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan raya, kami bersama Dishub Sukoharjo membuat jalur khusus,” jelas AKP Marwanto didampingi Kanit Dikyasa Iptu Liyan Prasetyo.

Dengan adanya jalur khusus tersebut, mereka yang gowes bisa menggunakan jalur tersebut tanpa harus berada di tengah-tengah dan membahayakan keselamatan di jalan raya. Namun di satu sisi, pihaknya meminta agar masyarakat tetap mengutamakan keselamatan saat bersepeda di jalan raya. Khususnya saat gowes bareng-bareng agar tidak berjajar-jajar sehingga mengganggu dan membayakan pengguna jalan lainnya.

“Kalau angka kecelakaan yang melibatkan pesepeda, di Sukoharjo saat ini masih sangat minim. Karena itu kami membuat jalur khusus dengan harapan pesepeda bisa menggunakan jalur itu dengan aman,” ujarnya.

Namun demikian, pihaknya meminta agar masyarakat yang bersepeda tetap mematuhi aturan yang ada. Khusus di masa pandemi korona ini, tetap mengedepankan protokol kesehatan.  Yaitu jaga jarak, gunakan masker dan selalu cuci tangan yang bersih. “Dalam waktu dekat akan kami sosialisasikan keselamatan bersepeda di jalan pada masyarakat umum. Idealnya memang mengumpulkan komunitas, tetapi karena ini masih korona, kami akan buat sosialisasi dengan video dan imbauan lainnya,” imbuh Kasatlantas.

Gun