blank
Para guru dengan berpakaian adat daerah yang ada di indonesia memberikan suvenir dan medali ke rumah-rumah siswa. Foto: Taletha

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Pengumuman kelulusan dan graduasi siswa SD di masa pandemi ini sangat tidak mungkin dilakukan seperti biasa. Karena itulah, kepala sekolah dan guru SD Mutiara Ibu Purworejo memiliki ide untuk tetap membuat momen kelulusan yang berkesan hari ini (15/6).

Dengan berpakaian adat Betawi, Kalimantan dan Papua, para guru sekolah yang terletak Jalan Dewi Sartika Nomor Purworejo ini, mendatangi rumah siswanya masing-masing.  Sontak para siswa dannorang tua kaget dan terharu melihat guru-guru mereka datang dengan membawa berkas kelulusan, suvenir dan medali.

Para guru juga bernyanyi sambil memainkan alat musik di depan rumah.  “Ide untuk mendatangi rumah murid-murid dengan memakai pakaian adat daerah yang ada di Indonesia ini, merupakan aksi simbolis bahwa Indonesia siap menghadapi new normal,” kata wali kelas 6, Vincentia Rosana Sri Susanti.

Lebih lanjut Vincent menyampaikan, masa pandemi ini masyarakat khususnya guru ditantang untuk menghadapi era baru. “Salah satunya adalah dengan memberikan ide-ide kreatif agar kita tetap mampu bertahan di masa sulit ini. Melalui Penyerahan Berkas Kelulusan dari rumah-kerumah dengan protokol pencegahan covid 19 akan mengurangi risiko terpaparnya covid 19, selain itu guru tetap mampu menghadirkan semangat bagi anak-anak di tengah pandemi ini,” tandasnya.

Salah satu orang tua murid, Ibu Sondang mengaku tidak menyangka para guru datang memberikan kejutan pada momentum kelulusan itu. “Setahu saya guru memang akan datang ke rumah, tapi kaget ternyata beliau datang dengan kejutan. Tapi saya senang,” ucapnya.

Menurutnya, kelulusan di masa pandemi sama sekali tidak terbayangkan. Selama tiga bulan terakhir, Sondang mengaku hanya belajar dan mengerjakan berbagai tugas di rumah. “Saya berharap kondisi segera normal kembali, sehingga bisa bersekolah seperti sebelum pandemi,” katanya.

Taletha-trs