blank
Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, (Bag Prokompim, Pemkot Magelang)

MAGELANG (SUARABARU.ID) –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Magelang secepatnya akan menggelar rapid test bagi aparat sipil negara (ASN) Pemkot Magelang. Tes cepat ini juga dilakukan untuk TNI dan Polri yang terlibat langsung menangani Covid-19.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menuturkan, rapid test diutamakan untuk tenaga kesehatan (nakes) atau ASN yang langsung menangani atau berinteraksi dengan orang-orang yang berpotensi terhadap Covid-19.

‘’Ini demi untuk melindungi dan menjaga agar yang bersangkutan merasa aman dan nyaman dalam menjalankan tugas dan kewajibannya,’’ katanya Senin (15/6).

Plt Kepala Dinkes Kota Magelang, dr Majid Rohmawanto mengungkapkan, tes cepat ini dirasa perlu menyusul ada salah satu ASN yang bekerja di Dinkes Kota Magelang positif terinfeksi Virus Corona.

‘’Insya Allah dalam minggu ini kami rapid test terhadap ASN, TNI dan Polri yang terlibat langsung menangani Covid-19,’’ tuturnya.

Majid yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Magelang itu menambahkan, saat ini sedang melakukan swab test terhadap 15 orang rekan kerja pasien di Dinkes dan 12 orang rekannya yang agak jauh. Sejumlah keluarganya juga dilakukan swab test.

Majid mengemukakan, pihaknya masih menelusuri asal muasal pasien perempuan (53) itu bisa tertular Virus Corona.

Karena, pasien itu bukan petugas yang melayani orang dalam pemantauan (ODP) atau orang berkaitan dengan Covid-19 di Kantor Dinkes setempat. ‘’Dia bukan petugas yang melayani pasien ODP maupun Covid-19 di Dinkes,’’ ujarnya.

Awalnya pegawai Dinkes itu mengalami demam dan mual terus dirawat di RSJ Prof dr Soerojo Magelang pada 8 Juni 2020. Kemudian menjalani rapid test hasilnya reaktif dan ditetapkan status PDP. Selanjutnya tes swab ternyata hasilnya positif yang diketahui Sabtu 13 Juni 2020 malam.

Majid mengatakan, pasien ini tinggal di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Namun dia sering mengunjungi orangtuanya di Kelurahan Wates.
Dengan penambahan pasien ASN Dinkes tersebut, maka jumlah total kasus positif Covid-19 di Kota Magelang per Senin (15/6/) menjadi 31 orang. Rinciannya dirawat 7 orang, sembuh 20 orang dan meninggal 4 orang.

Sedang jumlah PDP 54 orang, dengan rincian dirawat 13 orang, sembuh 36 orang dan meninggal 5 orang. Kemudian ODP sebanyak 284 orang, rinciannya sehat 258, dipantau 22 orang, dirawat 3 orang dan meninggal 1 orang. (Pro/Kota Magelang)

Editor : Doddy Ardjono