blank
DPC PDIP Kebumen mengadakan dialog interaktif Juni Bulan Bung Karno di Meotel Dafam Hotel, Selasa 9/6.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – DPC PDIP Kebumen kini tengah memproses dan menyiapkan pengganti antar waktu (PAW) DPRD setempat untuk menggantikan Dalyono. Pengganti wakil rakyat dari Puring itu dipastikan Gigih Basokayadi, calon legislatif dari Sruweng yang meraih suara 2.950.

Seperti diketahui, Dalyono, peraih suara terbanyak di DPRD Kebumen pada Pileg 2019 meninggal dunia pada Senin (11/5) malam di RSU Purbowangi. Diperkirakan anggota Komisi D DPRD Kebumen itu terkena serangan jantung. DPC PDIP Kebumen pun kehilangan salah satu kader terbaiknya yang dikenal merakyat karena sukses meraih suara terbanyak, sekitar 9.000, pada Pemilu Legislatif 2019 lalu (Suarabaru.id/12-5).

Menurut penjelasan Saiful Hadi, saat ini DPC sudah melakukan verifikasi data serta mengadakan diklat calon PAW serta penandatanganan Pakta Intregritas.”Saudara Gigih Basokayadi sudah clear maka sedang kami proses,”imbuh politisi asal Ayah Kebumen yang juga anggota Komisi A DPRD Provinsi Jateng itu.

Dia terangkan, diklat telah dilaksanakan di DPC PDIP Kebumen dan di Posko pada akhir Ramadan lalu. Pihaknya berharap setelah verifikasi berkas dan diajukan ke KPUD proses PAW berjalan lancar. Ada pun materi diklat meliputi ideologi, kepartaian dan kedewanan atau bidang tugas di legislatif.

Saiful Hadi pun berharap agar Gigih setelah dilantik menjadi anggota DPRD Kebumen bisa menjadi petugas partai yang baik, mau mendengar kebutuhan rakyat, serta mampu menyuarakan dan memperjuangkannya. Apalagi latar belakang Gigih sebagai birokrat, sempat sebagai kepala Satpol PP dan Camat akan bisa lebih cepat menyesuaikan diri dengan mekanisme kerja sebagai legislatif.

Terkait persiapan Pilkada Kebumen yang telah ditetapkan KPU Pusat diundur Desember 2020, Saiful Hadi menegaskan, pihaknya tetap optimis dan siap meski hingga saat ini belum tahu siapa pasangan calon yang akan dihadapinya.

Saiful Hadi mengungkapkan, pihaknya masih fokus penataan pasukan dan peningkatan popularitas pasangan calon yang diusung. Pada Pilbup mendatang, DPP PDIP telah merekomendasikan pasangan Arif Sugiyanto (wakil bupati Kebumen) dan Ristawati Purwaningsih (wakil ketua DPC PDIP) sebagai pasangan yang diajukan partainya.

Komper Wardopo