blank
Anggota DPRD Kota Semarang menjalani tes swab yang digelar Dinas Kesehatan Kota Semarang, Senin (8/6/2020).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bertempat di ruang rapat paripurna, Senin (8/6/2020), puluhan Anggota DPRD Kota Semarang menjalani tes swab. Kegiatan yang diadakan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Semarang tersebut dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Ketua DPRD Kota Semarang Kadar Lusman disela-sela kegiatan tersebut mengatakan kalau tes swab anggota dewan tersebut bisa menjadi contoh bagi masyarakat luas untuk turut serta mencegah penyebaran Covid-19.

“Saat ini kasus Covid-19 orang tanpa gejala (OTG) terus meningkat. Apalagi kami sebagai anggota dewan pasti banyak kegiatan di luar yang sering bertemu berinteraksi dengan masyarakat, maka dari itu kami mengadakan tes swab ini,” kata politisi yang biasa disapa Pilus ini.

Pilus berharap, hasil tes swab yang keluar sekitar 10 hari ke depan ini tidak ada yang positif. Oleh karena itu dirinya mendorong para anggota dewan untuk tetap percaya diri, sehingga nantinya bisa memberi semangat kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Kuncinya itu sebenarnya disiplin menjalankan protokol kesehatan, gimana caranya kita tetap sadar diri untuk menjaga diri dan lingkungan di masa pandemi ini. Tetap pakai masker saat di luar, menggunakan hand sanitizer, jaga jarak, hingga menjaga kesehatan diri,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Semarang Triwibowo mengatakan, kegiatan swab test bagi para anggota dewan tersebut diharapkan hasilnya nanti negatif Covid-19. Untuk tes tersebut dari DKK Semarang telah menyiapkan sekitar 50 reagen PCR bagi anggota dewan.

“Selama masa pandemi ini tidak ada anggota dewan yang ke luar kota, bagi kunjungan ataupun kegiatan pribadi. Tes swab ini untuk mengetahui tingkat kesehatan para anggota dewan, dan meski nanti hasilnya negatif kami akan tetap patuh pada protokol kesehatan,” katanya.