blank
Tim Satgas Pengawasan Covid-19 DPRD Kabupaten Magelang (berbaju putih) meninjau RSUD Merah Putih. Eko Priyono
MAGELANG (SUARABARU.ID) – Tim Satgas Pengawasan Covid-19 DPRD Kabupaten Magelang meninjau RSUD Merah Putih, Jumat (5/6/2020). Sementara ini RSUD Merah Putih ditunjuk oleh pemkab khusus untuk menangani pasien Covid-19.
Dalam kunjungan itu mereka melihat penanganan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang. Ketua Tim Pengawasan Covid-19 DPRD Kabupaten Magelang, Grengseng Pamuji menilai penanganan yang dilakukan oleh RSUD Merah Putih terhadap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sudah cukup baik.
“Kami mengapresiasi pelayanan RSUD Merah Putih dalam penanganan terhadap pasien positif Corona sudah baik. Tadi kami juga sempat berkomunikasi dengan salah satu pasien, ya saya rasa sudah baik,” katanya.
Grengseng Pamuji yang juga Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Magelang itu juga menyorot manajemen RSUD Merah Putih yang dalam waktu dekat akan segera membuka pelayanan umum.
“Harapan kami memang ke depan tidak hanya menangani pasien covid-19 saja, namun juga bisa melayani pasien umum,” tuturnya.
Wakil Ketua Tim Satgas Pengawasan Covid-19 DPRD Kabupaten Magelang, Prihadi,  mengatakan bahwa pelayanan RSUD Merah Putih terhadap pasien Covid sudah cukup baik. Kendati demikian, dia meminta agar pelayanan terhadap masyarakat umum juga bisa segera dibuka.
“Kami berharap RSUD Merah Putih ini bisa benar-benar menjadi rumah sakitnya wong Kabupaten Magelang. Jadi tidak perlu berobat sampai ke kota tetangga ataupun luar kota,” tandasnya.
Prihadi juga meminta agar setelah RSUD Merah Putih dibuka untuk umum, bisa memberikan pelayanan dengan baik. Termasuk bisa memberikan keringanan biaya terhadap masyarakat kurang mampu. Baik menggunakan BPJS maupun non-BPJS.
Plt Direktur RSUD Merah Putih, Leli Puspitowati mengatakan, saat ini  RS tersebut masih fokus melayani pasien covid-19. Namun demikian pihaknya juga sedang mempersiapkan rumah sakit agar bisa melayani pasien umum.
“Targetnya satu minggu ini kami sedang mempersiapkan tempat pendaftaran sampai obat poliklinik .Kalau nanti dirasa bisa running ya kita akan buka untuk rawat jalannya dulu,” kata Leli.
Sementara itu jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Merah Putih saat ini masih ada 23 orang.
Eko Priyono-trs