blank
Para personel TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, melakukan penyiangan tanaman di kebun penghijauan prajurit di Dusun Godang, Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Agar tanaman penghijauan tumbuh subur, harus dilakukan perawatan rutin. Yakni dilakukan penyiraman, pemumpukan dan penyiangan. Demikian yang dilakukan jajaran TNI Kodim 0728 Wonogiri, dalam merawat kebun penghijauan prajuit di Dusun Gondang, Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Saat melakukan kunjungan ke Dusun Godang, Desa Pokohkidul, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi, memberikan petunjuk tentang perlunya perawatan rutin agar tanaman penghijauan dapat tumbuh subur, dan kelak dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Seperti pernah diberitakan, jajaran Korem 074 Warastratama Surakarta bersama Kodim 0728 Wonogiri, pada musim kemarau lalu secara spektakuler melakukan gerakan tanaman penghijauan di Dusun Godang, Desa Pokohkidul, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Waduk Gajahmungkur
Di lahan Chatment Area (daerah pengaliran) Waduk Gajahmungkur Wonogiri tersebut, ditanam aneka bibit tanaman produktif jenis buah-buahan. Sebagai kebun penghijauan prajurit, ini diharapkan mampu menjadi percontohan gerakan tanam penghijauan secara komprehensif.

blank
Penyiraman dilakukan oleh personel TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, dalam upaya perawatan kebun penghijauan prajurit, yang dibudidayakan secara tumpangsari dengan tanaman semusim.

Tujuannya, untuk mencegah erosi tanah permukaan, dalam mendukung upaya penyelamatan usia teknis Waduk Gajahmungkur, dari ancaman sedimentasi (pendangkalan) perairannya. Di sisi lain, kebun prajurit ini diharapkan menjadi contoh budidaya tanaman hortikulutra yang memiliki nilai ekonomis, dan diharapkan dapat ikut mendukung program peningkatan kesejahteraan petani.

Pasiter Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Moch Sambudi, menjelaskan, untuk memberikan perawatan rutin dan dalam menghadapi musim kemarau, di lokasi telah disediakan fasilitas irigasi buatan. Yakni dibangun bak-bak air, untuk menampung air dari sumur bor, sebagai upaya adanya ketersediaan untuk suplai air penyiraman.

Bambang Pur