Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Belakangan ini beredar informasi sumir melalui media sosial (medsos), perihal imbauan kepada warga Wonosobo agar menghindari pertokoan di seputar Taman Plaza, dengan alasan pemilik toko terpapar Covid-19.

Imbauan tersebut dibantah tegas oleh Sekda Wonosobo, One Andang Wardoyo. Informasi berantai melalui media sosial sebagai berita hoax atau berita bohong yang bisa meresahkan masyarakat.

Melalui surat resmi yang disampaikan ke sejumlah media, Kamis (4/6) malam, Sekda menegaskan Pemkab Wonosobo tidak pernah mengeluarkan surat edaran seperti yang tersebar viral melalui media sosial tersebut.

“Saya tegaskan untuk menanggapi informasi bohong yang terlanjur beredar hari ini via medsos, bahwa Pemkab Wonosobo maupun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 tidak pernah merilis atau menayangkan informasi menyangkut nama atau alamat kasus terdampak Covid-19,” terangnya.

Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo mengeluarkan klarifikasi berita hoax yang beredar di media sosial. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Tanpa Sumber

Kepada warga Wonosobo, One Andang mengimbau agar tak terpengaruh berita-berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, alias cenderung menjadi hoax semata.

“Abaikan saja berita-berita yang tidak jelas sumbernya dan tidak bisa dipercaya, serta tetap waspada dan hati hati saat berada di luar rumah dengan selalu menaati protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, jaga jarak fisik, dan disiplin mencuci tangan menggunakan sabun atau sanitizer,” tandasnya.

Sepanjang hari Kamis (4/6), masyarakat, khususnya penggiat media sosial memang dibuat geger dengan pesan berantai yang menyebutkan ada setidaknya 8 toko di seputar Taman Plaza yang harus dihindari.

Dalam informasi tanpa keterangan jelas perihal sumbernya itu, disebutkan bahwa sebagian dari pemilik 8 toko yang berada di seputaran plaza sudah positif terinfeksi Covid-19, sementara sebagian lainnya masih proses menunggu hasil rapid test.

Muharno Zarka/mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here