Bagikan
Tim pemulasaraan jenazah protokol covid siang tadi di Teluk Wetan

JEPARA(SUARABARU.ID) – Jepara  yang sejak 4 hari lalu diumumkan oleh Kemenkes sebagai daerah transmisi lokal  dan dikenal sebagai zona merah, kini semakin merah. Sebab Selasa (2/67-2020)  sore ini Juru Bicara GTPP Covid 19 Jepara dr M. Fahruddin mengumumkan 6 orang yang terkonfirmasi positif covid 19. Mereka merupakan bagian dari Kluster 08 atau K ( 46 th ) warga desa Teluk Wetan Welahan yang  baru saja meninggal pada pagi tadi.

Peta penyebaran covid-19 di Jepara

Lebih jauh Fakhrudin menyatakan, 6 orang yang terkonfirmasi covid 19 ini merupakan istri, adik dan 4 orang anak pasien yang meninggal. “Saat ini mereka masih diminta menjalani karantina mandiri karena masih dalam status OTG (Orang Tanpa Gejala). Mereka berenam masuk dalam daftar pelacakan kontak erat dengan K  pekan lalu,” ujar  M Fakhrudin.

Baca Juga: New Normal, Pergulatan Tak Terpapar, Tak Terkapar, Tak Lapar..?

Dijelaskan, saat ini Camat beserta Danramil, Kapolsek serta tim kecamatan dan desa sudah melakukan langkah-langkah penanganan. Diantaranya adalah merencanakan penutupan di wilayah pemukiman sekitar rumah pasien positif.

Semua masyarakat di sekitar lokasi kejadian akan diminta untuk melakukan aktifitas di rumah masing-masing, atau melakukan swa karantina. “Pimpinan Kecamatan dengan Satgas Kecamatan dan desa masih merumuskan untuk kebutuhan-kebutuhan penutupan wilayah tersebut. Terutama berkaitan dengan masalah kebutuhan logistic dan lainnya yang dibutuhkan,” ungkapnya

“Sementara untuk melakukan skrening terhadap warga, besok pagi akan dilakukan rapid test terhadap 200 warga yang ada disekitar pemukiman pasien tersebut. Juga akan melanjutkan tracing untuk mencari kontak erat dengan 6 orang pasien baru yang terkonfirmasi positif covid,” tambah dr M Fakhrudin.

Pagi tadi  juga telah diumumkan dua orang pasien yang terkonfirmasi positif covid.  Mereka adalah S berusia 50 tahun dari Kecamatan Nalumsari yang memiliki riwayat kontak erat dengan anaknya yang baru pulang dari Jakarta. Sedangkan pasien kedua yang diumumkan pagi tadi adalah Ny. S, 49 tahun asal Kedung.

Pasien ini berjualan di pasar Jepara Satu dan Pasar Karangaji. Dengan demikian jumlah pasien covid 19 Jepara sampai saat ini adalah 24 kasus. Dari jumlah tersebut 4 orang diantaranya sembuh, 2 meninggal dan sisanya sebanyak 18 orang sampai saat ini masih dalam perawatan dan pengawasan.

Hadepe/Ulil Abshor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here