blank
Rumah Simin, warga Dusun Jatibedug, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Senin (1/6), ludes terbakar beserta seluruh isi harta bendanya.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kebakaran rumah, Senin (1/6), terjadi di Dusun Jatibedug, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Rumah Simin, yang berlokasi di RT 5/RW 7, ludes beserta seluruh isi harta benda yang ada di dalamnya.

Kepada petugas, Saksi Rahayu dan Totok Sugiarto, menyatakan, kaget ketika mendadak melihat ada kepulan asap dari dalam rumah Simin. Kejadian ini, segera diberitahukan ke tetangga dan dilaporkan ke pamong desa, untuk kemudian diteruskan ke Polsek Wonogiri Kota.

Warga sekitar spontan memberikan pertolongan, termasuk upaya memadamkannya. Tapi karena terkendala tidak ada alat pemadam dan tidak tersedia air di lokasi, menjadikan kobaran api makin membesar. Terlebih lagi, bersamaan itu, datang angin yang menjadikan kobaran api makin tidak terkendali.

blank
Petugas Damkar dari Kabupaten Wonogiri, menyemprotkan air untuk melakukan pemadaman kebakaran pada rumah milik Simin di Dusun Jatibedug, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Mobil Damkar
Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupten Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, secepatnya mengirimkan dua unit mobil Damkar ke lokasi kebakaran. Ini dilakukan, setelah piket Damkar mendapatkan informasi musibah kebakaran rumah tersebut dari Saksi Aldaka.

Upaya pemadaman dilakukan oleh regu Damkar pimpinan Setyo Pamungkas. Proses pemadaman berlangsung sekitar 1 jam. Api berhasil dipamdamkan, tanpa harus menjalar di rumah-rumah tetangga. ”Korban jiwa tidak ada,” jelas Kepala UPTD Damkar Kabupaten Wonogiri, Joko Santosa.

blank
Petugas masih menyelidiki penyebab kebakaran rumah Simin di Dusun Jatibedug, Desa Purworejo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Ada dugaan karena konsleting listrik.

Penyebab kebakaran, masih dalam penyelidikan pihak berwajib. Tapi beberapa tetangga korban, menduga, api kebakaran dipicu oleh adanya konsleting listrik di jaringan instalasi yang terpasang di dalam rumah.

Akibat kebakaran tersebut, rumah induk, rumah belakang dan rumah dapur, ludes rata dengan tanah. Seluruh harta benda yang ada di dalamnya ikut terbakar, termasuk dokumen penting seperti ijazah dan sertifikat pemilikan tanah.

Bambang Pur

blank

blank

blank

blank