blank
EVAKUASI : Tim Sar melakukan evakuasi dengan menarik batu besar yang menindih seorang pencari bonsai asal Wonogiri, Minggu (31/5/2020) malam.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Ahmad Satiri alias Ambon (37) warga dukuh Banjardowo RT 1/5 Desa Purworejo Wonogiri, tertimpa bongkahan batu di atas bukit yang masuk wilayah Desa Kedungsono, Bulu, Sukoharjo, Minggu (31/5/2020).

Medan yang sulit membuat proses evakuasi tidak mudah dilakukan dan baru berhasil pada Senin (1/6/2020) pukul 01.30 WIB. Kapolsek Bulu, Iptu Dalmadi mengatakan, korban merupakan pencari serut (sejenis tanaman bonsai) asal Wonogiri. Saat itu dia bersama dengan sejumlah rekannya naik ke hutan yang ada di Kedungsono.

Begitu tiba di lokasi, korban sudah diingatkan oleh rekan-rekannya agar tidak mengambil serut yang ada di sela-sela batu. Akan tetapi, korban nekat sampai akhirnya sebuah batu berukuran cukup besar longsor dan menindihnya. Melihat hal itu rekan-rekan dua rekan korban berusaha menolong namun tidak mampu, sebab batu yang menindih berukuran besar. Akhirnya mereka turun dan meminta bantuan warga. “Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB,saat itu korban bersama para saksi sedang mencari serut. Tetapi korban tertimpa batu pada bagian kakinya,” jelas Iptu Dalmadi.

Lokasi yang sangat sulit membuat petugas dan warga kesulitan untuk melakukan evakuasi. Proses evakuasi sendiri melibatkan banyak pihak bahkan Bupati Wonogiri juga datang ke lokasi. Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya korban berhasil dievakuasi Tim Sar sekitar pukul 01.30 WIB. Korban yang mengalami patah kaki kanan dan kiri kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Soes