Bagikan
Grafik pasien positif Covid-19 Kabupaten Kudus.

KUDUS (SUARABARU.ID) – Setelah sempat landai, kurva kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kudus kembali naik. Minggu (31/5), terdapat empat orang terkonfirmasi positif terpapar Corona dan harus dirawat di RS.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kudus menyebutkan, dari empat kasus baru tersebut, tiga orang diantaranya berasal dari dalam wilayah. Sementara satu lainnya berasal dari luar wilayah. Rinciannya sebagai berikut:

  • Laki-laki (23), warga Kecamatan Kota. Tidak ada penyakit penyerta dan riwayat kontak dengan penderita positif . Hanya saja, yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan dari Yogyakarta. Dirawat di RSUD tgl 30 Mei, dan setelah hasil swab dari RSND, dinyatakan positif.
  • Perempuan (43) warga Gajah, Demak. Tidak ada penyakit penyerta, riwayat kontak dengan penderita positif. Dirawat di RSUD sejak tgl 30 Mei, hasil swab dari RSND dinyatakan positif. Tracking contact dan tindak lanjut lain dikoordinasikan dg Dinas Kesehatan setempat.
  • Perempuan (55t), domisili Kecamatan Gebog. Tidak ada penyakit penyerta, riwayat kontak dengan penderita positif. Swab dilakukan 29 Juni setelah hasil rapid test reaktif, dan sempat melakukan isolasi mandiri. Hasil swab dari RSND hari ini dinyatakan positif hingga akhirnya diisolasi di RSUD Kudus.
  • Perempuan (39), seorang tenaga kesehatan asal Kecamatan Kaliwungu. Tidak ada penyakit penyerta, dan riwayat perjalanan daerah terjangkit. Namun, yang bersangkutan memiliki riwayat kontak dengan penderita positif. Dilakukan swab tgl 29 dan 30 Mei, hasil swab pertama dari RSND dinyatakan positif dilakukan isolasi mandiri.

“Dengan tambahan kasus ini, total kasus positif yang ternotifikasi sebanyak 56 kasus dimana 37 kasus diantaranya berasal dari Kudus dan sisanya dari luar wilayah,”kata Andini.

Baca Juga: 

New Normal, Pergulatan Tak Terpapar, Tak Terkapar, Tak Lapar..?

Jam Operasional Minimarket Kudus Diminta Ikuti Perda saat New Normal

Untuk pasien dalam Kudus yang masih menjalani perawatan, 4 orang dari Kudus dimana 1 orang isolasi mandiri.Sementara, untuk pasien dari luar wilayah yang masih dalam perawatan sebanyak 4 orang yang dirawat di RS.

Mobilitas dari Luar Daerah

Lebih lanjut, kata Andini, dari empat kasus yang ternotifikasi, semuanya ada riwayat kontak dengan pasien positif.  Dan 2 dari penderita Covid yang menjadi kontaknya mempunyai riwayat perjalanan daerah terjangkit.

“Satu dari empat kasus tersebut juga punya riwayat perjalanan daerah terjangkit,”tambahnya.

Oleh karena itu, kata Andini, faktor mobilitas bisa menjadi salah satu faktor penularan yang patut diwaspadai. Selain itu kedisiplinan physical distancing yg perlu dievaluasi, mengingat ke empatnya punya riwayat kontak.

Tm-Ab

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here