blank
Beberapa personel prajurit TNI-AD mengenakan helm thermal KC wearable. Yakni helm berteknologi canggih yang dapat mendeteksi suhu tubuh dari jarak jauh.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komitmen memutus mata rantai penyebaran pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia, terus dilakukan oleh jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD).

Serma Indra dari Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, menginformasikan, bahwa Kadispenad Kolonel (Inf) Nefra Firdaussalah, telah merelease tentang temuan baru helm berteknologi canggih, yakni helm thermal KC wearable.

Helmet ini, merupakan inovasi IT terbaru untuk mendeteksi suhu tubuh beberapa orang dalam waktu yang sama, lebih cepat dan lebih efektif dibandingkan alat thermo gun. Inovasi ini, dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang melalui jarak sampai dengan 10 meter.

Kecanggihan Helmet ini, adalah dapat memeriksa suhu tubuh orang dalam jumlah yang lebih banyak, dalam waktu yang lebih cepat dan lebih efektif. Selama ini, untuk memeriksa derajat suhu tubuh, hanya menggunakan thermo gun.

Fungsi Melindungi
Helmet ini, dapat memberikan fungsi melindungi dan mencegah prajurit terpapar virus corona. Tentunya juga dapat mereduksi resiko petugas medis yang melakukan pemeriksaan akibat kontak dekat jika menggunakan thermo gun.

blank
Helm berteknologi canggih ini, dapat mendeteksi derajat suhu badan dari jarak jauh. Juga mampu melindungi tenaga medis dari ancaman terpapar Covid-19.

Di Mabes TNI-AD, helmet ini telah disosialiasikan sekaligus dilatihkan tentang teknis dan cara penggunaannya. Selain untuk mendeteksi dan menyeleksi orang-orang yang masuk ke fasilitas TNI-AD, termasuk rumah sakit. Ini sekaligus menegaskan mengenai komitmen TNI-AD, dalam memutus dan mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Letda Ckm (K) Dokter Eva, salah satu peserta pelatihan dari kesehatan Sekolah Calon Perwira AD di Bandung, menyatakan, kehadiran helmet thermal KC wearable ini, sangat membantu bagi tenaga medis karena karena lebih cepat dalam mendeteksi suhu tubuh.

Selama ini, untuk mengecek suhu tubuh, dilakukan satu per satu dan dengan jarak yang dekat. Namun dengan alat tersebut, dapat mendeteksi suhu tubuh seseorang lebih cepat, dan dapat dilakukan dari jarak jauh, tanpa harus mendekati orang yang diperiksa derajat suhu tubuhnya.

Harapannya, dengan penggunaan helmet ini, dapat mengurangi kasus positif Covid-19 di seluruh Indonesia. Juga sangat membantu tim medis, karena dapat mendeteksi secara dini pada orang-orang yang terinfeksi Covid-19. Sehingga dengan helmet berteknologi terbaru ini, bisa mengurangi dampak penyebaran pandemi virus corona di Tanah Air.

Bambang Pur

blank

blank

blank

blank