blank
DPC Taruna Merah Putih Kabupaten Magelang memberi bantuan kepada tenaga medis. Foto: Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Organisasi sayap milik PDI Perjuangan, DPC Taruna Merah Putih Kabupaten Magelang bergotong royong melakukan berbagai kegiatan melawan covid-19. Sekretaris Taruna Merah Putih, Mul Budi Santoso, menuturkan, pandemi covid-19 yang tengah melanda bangsa Indonesia telah memasuki bulan ketiga.

Dampak yang ditimbulkan meliputi berbagai aspek kehidupan. Berbagai keterbatasan harus dipatuhi, mulai menjaga jarak interaksi fisik antar individu, sampai pembatasan sosial berskala besar di beberapa kota/kabupaten dengan insiden penyakit dan penularan yang tinggi.

Menyikapi kondisi tersebut, kata dia, DPC Taruna Merah Putih Kabupaten Magelang bergotong royong melawan covid-19 dalam bentuk kegiatan bakti sosial. Di antaranya sosialisasi new normal, berbagi sembilah bahan pokok bagi warga terdampak Covid-19.

Selain itu mengecek suhu tubuh warga, berbagi masker dan menyosialisasikan untuk selalu menggunakan masker saat ke luar rumah. Lalu menyemprotkan disinfektan di pasar, penyediaan perangkat alat cuci tangan rumah tangga. \Kegiatan itu, lanjutnya, bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat untuk membiasakan diri hidup sehat. Agar bisa memutus mata rantai penyebaran covid-19 dan sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak positif covid-19.

Dijelaskan, kegiatan dilaksanakan di dua kecamatan. Yakni di Dusun Banaran, Desa Kediatan, Kecamatan Ngablak dan di Pasar Grabag, Kecamatan Grabag. “Tagline kegiatan yang kami lakukan adalah menuju fase New Normal,” tuturnya.

Ditambahkan, kondisi pandemi membuat pola kehidupan sehari-hari berubah, dengan tujuan mencegah penyebaran penyakit. Ada pola kehidupan baru (new normal) akibat berbagai pembatasan. Pada masa pandemi ini terjadi suatu kondisi baru di mana interaksi fisik tidak dapat dilakukan.

“Situasi normal sebelum kondisi pandemi berubah menjadi tidak normal,” imbuhnya.

Eko Priyono-trs