blank
Para bakul pasar menjalani rapid test corona. Pelayanan rapid test diberikan oleh Tim Medis. Personel Koramil dan Polsek, hadir ikut memberikan peran pengamanan.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Para bakul yang berjualan di pasar dan karyawan toko di pusat perniagaan, berpotensi rawan tertular dan menularkan Corona Virus Disease (Covid)-19. Karena itu, mereka mendapatkan prioritas untuk menjalani rapid test.

Bertempat di Pasar Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Jumat (29/5), dilaksanakan tes cepat (rapid test) dalam rangka pencegahan dan penanganan wabah Covid-19. Hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Wonogiri Dokter Adhi Darma, bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) wabah corona Kabupaten Wonogiri.

Juga hadir Kepala Pasar Ngadirojo, Agus Handaka, Danramil-03 Ngadirojo Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Siswanto, Kapolsek Ngadirojo, AKP Subroto, bersama Tim Anggota Gugus Kabupaten Wonogiri. Juga hadir relawan dari unsur PMI dan dari BPBD serta Satpol-PP Kabupaten Wonogiri.

blank
Tim medis dari Puskesmas Pracimantoro bersama Dinkes Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, memberikan pelayanan rapid test dalam upaya penanganan pencegahan wabah virus corona.

Pelayanan Gratis
Dalam kegiatan tersebut, anggota dari Koramil 03/Ngadirojo dan Polsek Ngadirojo serta anggota Satpol PP Wonogiri, melaksanakan tugas pengamanan guna mewujudkan ketertiban dan kelancaran kegiatan.

Pelayanan rapid test gratis ini dilaksanakan oleh Tim Medis dari Puskesmas Ngadirojo, dipimpin kepala Puskesmas Ngadirojo Dokter Rita Yuliana Sari. Sasarannya adalah para bakul dan pengunjung pasar berjumlah 40 orang.

Dari Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Camat Warsito, melaporkan, pelaksanaan rapid test bagi para pedagang pasar dilakukan di Puskesmas 1 Pracimantoro. Para pedagang Pasar Pracimantoro, diundang datang untuk menjalani rapid test di Puskesmas.

Enam Pasar
Di Kabupaten Wonogiri, pelayanan rapid test diberikan kepada 6 pasar tradisional dan satu Toko Serba Ada (Toserba). Total penerima rapid test sebanyak 225 pedagang pasar dan karyawan Toserba. Enam pasar tradisional itu terdiri atas Pasar Kota Wonogiri, Ngadirojo, Jatisrono, Pracimantoro, Purwantoro dan baturetno.

blank
Petugas dari Polsek bersama Koramil, hadir ikut memberikan pelayanan pengamanan dalam pelaksanaan rapid test bagi para bakul pasar.

Pelaksanaan pelayanan rapid test dilakukan sejak Tanggal Rabu (27/5) sampai dengan Sabtu (30/5). Rapid test, dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Wonogiri.

Tim medis dari Puskesmas dan Dinkes yang melakukan pelayanan rapid test, mengawalinya dengan memeriksa suhu tubuh masing-masing pedagang. Sebelum kemudian mengambil sampel darah untuk kepentingan rapid test.

Bambang Pur

blank

blank

blank

blank