blank
Kepala BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto (kedua dari kiri) menerima bantuan sembako dari Sardi. Bantuan diberikan sebagai bentuk kepedulian kepada warga terdampak corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Alfamart Selogiri, melalui Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Sardi SE, peduli memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak Corona Virus Disease (Covid)-19. Sementara itu, 31 warga Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, mengembalikan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Sardi, adalah Anggota Fraksi PAN yang menjabat sebagai Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Wonogiri. Dia juga menjadi manajer Toko Alfamart Selogiri. Bantuan sembako bernilai Rp 5 juta dari Alfamart Selogiri itu, diserahkan melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto.

Dari Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, diperoleh informasi ada 31 warga dengan sukarela mengembalikan BST yang diterimanya. Alasannya, karena merasa bahwa masih banyak orang yang lebih membutuhkan dari mereka.

Camat Wuryantoro, Rahmat Imam Santosa, menyebutkan, 31 warga tersebut berinisiatif mengembalikan BST karena merasa masih mampu menghadapi dampak Covid-19.

Sampaikan Protes
Kata Camat Rahymat Imam Santosa, mereka yang mengembalikan BST tersebut berprofesi sebagai wirausaha. Ada yang punya usaha angkutan umum, minibus, toko, dan usaha perdagangan hasil bumi. ”Sebagian besar dari mereka juga punya mobil. Sehingga sadar, di bawah mereka masih banyak orang yang membutuhkan,” jelasnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Sugihan, Kastomo, menyampaikan protes mengapa di desanya hanya 3 orang yang menerima bantuan. Protesnya disampaikan ke Kantor Kecamatan Bulukerto dan diterima Kasi Pemerintahan, Parjo. ”Kondisi masyarakat di Desa Sugihan, pada umumnya masih di bawah garis kemiskinan. Tapi mengapa warga yang dapat bantuan hanya tiga orang ?,” tegasnya.

Terkait ini, Kepala Desa (Kades) Sugihan, Murdiyanto, menyatakan, warga tidak mampu yang belum tercover bantuan tinggal 3 orang. Kepadanya diberikan bantuan dari Dana Desa (DD). Warga tidak mampu lainnya dan yang terdampak Covid-19, telah mendapatkan bantuan dari program lain non-DD. Ada yang mendapatkan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan BST.

Bambang Pur

blank

blank

blank

blank